Tips Makeup untuk Pengguna Lensa Kontak yang Mengurangi Risiko Iritasi

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Pernahkah kamu mengalami rasa tidak nyaman akibat adanya partikel produk makeup yang masuk ke dalam mata? Hal buruk yang satu ini ternyata akan lebih parah lagi dialami oleh para pengguna lensa kontak.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Penggunaan makeup memang cukup menjadi dilema bagi sebagian besar wanita yang menggunakan lensa kontak. Pasalnya, bagian mata bisa jadi iritasi jika tidak dilakukan dengan cara yang benar. Belum lagi, kondisi mata yang mudah berair juga dapat menyebabkan makeup di area mata lebih cepat luntur. Jika tak ingin hal ini terjadi, coba simak tips makeup berikut ini!

Selalu Utamakan Kebersihan

Jari, makeup tools, produk makeup, hingga lensa kontak, merupakan hal-hal yang perlu kamu jaga kebersihannya guna menghindari terjadinya iritasi mata. Baik dari debu maupun sisa produk skin care, pastikan jari tangan kamu bersih sebelum mengaplikasikan lensa kontak, ya! Tak hanya itu, kamu juga perlu memerhatikan kebersihan produk makeup dan kuas yang digunakan. Terakhir, pastikan pula kamu menjaga kebersihan lensa kontak dengan baik dan menyimpannya di tempat yang terbebas dari debu.

Hindari Produk yang Bersifat Oil-Based

Produk makeup yang memiliki sifat oil-based sebaiknya dihindari oleh pengguna lensa kontak. Minyak dalam makeup bertekstur krim biasanya cenderung licin, sehingga kemungkinan luntur dan masuk ke dalam mata pun cukup besar. Sebenarnya, kandungan minyak dalam kosmetik cenderung aman. Akan tetapi, jika terkena lensa kontak, penglihatan kamu tentu saja akan menjadi buram dan terganggu.

Pilih Maskara dan Eyeliner yang Tidak Flaky

Maskara dan eyeliner merupakan dua produk yang memiliki kontak terdekat dengan mata. Maka itu, pastikan untuk sangat berhati-hati dalam memilih kedua jenis produk ini, ya! Untuk maskara, pilihlah yang tidak memiliki formula clumpy atau yang memiliki kandungan fiber. Dua jenis maskara tersebut mudah rontok, masuk ke dalam mata, dan berisiko terjebak di bawah lensa kontak kamu. Serupa dengan maskara, ada juga beberapa jenis eyeliner yang mudah terkelupas saat terhapus. Nah, serpihan eyeliner ini ternyata juga berisiko masuk ke dalam mata serta membuatnya iritasi.

Gunakan Makeup Brush Berkualitas

Dalam memilih makeup brush, khususnya yang digunakan pada area mata, tentu kamu perlu selektif. Pertama, kuas harus memiliki tekstur bulu yang sangat lembut guna mencegah gesekan berlebih pada kulit. Selanjutnya, pilih kuas dengan bulu yang tidak gampang rontok. Ini juga penting karena bulu kuas yang rontok dapat terjebak di bawah lensa kontak dan menyebabkan infeksi. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan makeup brush kamu, ya!
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Ketahui Urutan Memakai dan Melepas Lensa Kontak

Dengan tahu kapan saat yang tepat untuk memakai dan melepas lensa kontak bisa membuat kamu terhindar dari risiko iritasi. Untuk pemakaian, gunakanlah lensa kontak sebelum kamu menggunakan makeup. Hal ini bertujuan untuk mencegah partikel kecil dari makeup terjebak di bawah lensa kontak kamu. Risiko iritasi dan infeksi pun dapat lebih dihindari. Sedangkan untuk melepaskannya, ada baiknya kamu melepas lensa kontak terlebih dahulu sebelum menghapus makeup. Makeup remover yang masuk ke mata berisiko mengontaminasi lensa kontak. Selain itu, gosokan pada area mata juga bisa menyebabkan lensa kontak mengalami kerusakan.

Nah, semoga proses makeup para pengguna lensa kontak jadi lebih mudah dengan menerapkan lima tips di atas, ya. Selamat mencoba!

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.