TKI di Malaysia Baru Dapat Gaji Setelah 11 Tahun Tak Dibayar Majikan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Tenaga kerja Indonesia Siti Khasanah mendapat gaji dari majikannya di Malaysia setelah kabur. Majikannya tersebut tidak membayarkan haknya sejak 2007.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
"KJRI Penang baru saja berhasil mengurus penyelesaian pembayaran gaji TKI atas nama Siti Khasanah, yang telah bekerja di Malaysia sejak 2007 dan tidak pernah dibayar oleh majikan selama kurang-lebih 11 tahun," ucap Konsul Penerangan Sosial dan Budaya KJRI Penang, Osrinikita Zubhana, dalam keterangannya kepada detikcom, Senin (1/10/2018).

Siti mendapat pembayaran awal sebesar RM 46.800 dari total hak gajinya sebesar RM 110.850. Gaji ini pun dibayarkan setelah Siti kabur dari majikannya tersebut.

"Pembayaran awal ini dilakukan satu hari setelah Siti Khasanah melarikan diri dari rumah majikan dan langsung ditangani pengaduannya oleh KJRI Penang," ucap Osrinikita.

Menurut Osrinikita, Siti mendapat perlakukan tidak patut oleh majikannya. Dia tidak diperkenankan berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia.

"Selama bekerja pada majikan, ia tidak pernah diberi kesempatan berkomunikasi dengan keluarga dan tidak pernah kembali ke Indonesia," ucap Osrinikita.

KJRI Penang akan terus memperjuangkan hak gaji Siti. Selain Siti, masih banyak TKI yang gajinya terhambat, bahkan tidak dibayarkan oleh majikannya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

"Hingga September 2018, KJRI Penang secara keseluruhan telah berhasil menyelesaikan permasalahan gaji TKI sejumlah RM 542.233 atau setara dengan Rp 1.951.762.449. Pencapaian ini merupakan salah satu bentuk perlindungan KJRI Penang kepada WNI yang berada di wilayah kerja KJRI Penang," ucap Osrinikita.

Sumber:detikcom

No comments

Powered by Blogger.