Waspada! Mengucek Mata Bisa Merusak Kornea, Lama-Lama Bisa Infeksi



      Seringkali, mata terasa merah yang menyebabkan sensasi gatal yang muncul dan menyebabkan orang menjadi risih. Mengucek mata sering dilakukan untuk menghilangkan gatal pada mata namun mengucek mata secara berlebihan tidak dianjurkan oleh dokter mata.



"Kalau mata gatal, itu harus dicari tahu dulu sebabnya. Apakah karena mata kering atau alergi karena kalau gatalnya kronik, bisa jadi masalah," ujar ahli kesehatan mata, dr Nashrul Ihsan, SpM saat ditemui di Jakarta Eye Center Kedoya, Sabtu (29/9/2018).



Mengucek mata bisa sebabkan iritasi pada kornea yang menyebabkan mata menjadi merah dan perih. Biasanya, mengucek mata tidak akan menghilangkan rasa gatal malah akan membuat mata menjadi panas dan kering.

"Kalau alergi, biasanya ada bentol di balik kelopak mata. Jika dibiarkan bisa jadi masalah karena itu akan mengganggu lapisan luar kornea atau tear film. Kalau tear film terganggu, kornea jadi kering dan bisa menimbulkan kekeruhan kornea," lanjutnya.

Mata kering bisa diatasi dengan cairan tetes mata. Jangan dikucek, karena mengucek mata terlalu lama bisa menyebabkan infeksi pada kornea mata. Disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.