Awas, Minum Kopi Berlebihan Keriput Datang Lebih Cepat



      Sudah minum kopi berapa cangkir hari ini? Rupanya terlalu banyak ngopi bisa tak hanya membuat efek gelisah, tapi juga memengaruhi kondisi kulit. Terlalu banyak minum kopi bisa membuat kulit Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.



Menurut Dr. Jegasothy, CEO dan pendiri Miami Skin Institute, Amerika Serikat, mengatakan kepada Medical Daily bahwa minum kopi lebih dari dua cangkir sehari dapat menyebabkan jerawat dan kulit keriput sebelum waktunya. Meski demikian, efek kafein terhadap penuaan dini sebetulnya bukan merupakan dampak langsung.



Jika Anda mengonsumsi banyak kafein, terutama pada waktu menjelang tidur (sore ke malam hari atau pada malam hari), umumnya waktu tidurnya lebih kacau. Nah, kondisi kurang tidur inilah yang akhirnya memicu produksi minyak lebih dan berujung pada penyumbatan pori-pori wajah.

Pada orang yang memiliki gangguan tidur, wajah mereka akan memiliki kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata yang akan tampak lebih jelas. Alhasil, penampilan mereka pun akan terilhat loyo dan lebih tua dari usia aslinya.

Scrub wajah dengan kopi

Di sisi lain, rupanya kopi beserta kandungan kafeinnya itu tak melulu memberikan dampak buruk bagi kulit. Hal itu dibuktikan dari banyaknya produk perawatan kulit topikal (oles) seperti scrub yang menggunakan kopi sebagai bahan dasarnya. Kopi dipercaya dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan memperlancar sirkulasi darah.

Bahkan, menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, ampas kopi bermanfaat untuk eksfoliasi (pengelupasan kulit mati) dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit.

“Scrubbing dengan menggunakan ampas kopi seminggu sekali bisa membantu mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang lebih bersih,” tambah dr. Karin.

Untuk hasil yang maksimal, dilansir dari Medical News Today, Anda bisa membuat scrub alami berbahan dasar kopi dengan campuran brown sugar dan air perasan lemon. Setelah melakukan scrubbing, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas. Setelahnya (apalagi jika dilakukan secara rutin), kulit wajah dan tubuh akan terasa lebih lembut dan tampak bercahaya.

Sumber : liputan6

No comments

Powered by Blogger.