Awas, Penuaan Dini Intai Orang yang Tidur Kurang dari 4 Jam Sehari



     Durasi dan kualitas tidur sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Para ahli menyarankan agar kita tidur 6 hingga 8 jam per hari. Lebih dari waktu yang disarankan, bisa berbahaya bagi kesehatan, seperti obesitas hingga penuaan dini.



Tak hanya segala sesuatu yang berlebihan yang berbahaya buat kesehatan. Segala sesuatu yang kurang juga sangat tidak baik. Termasuk kurang tidur dengan tidur kurang dari 4 jam setiap harinya.



Melansir dari laman WebMD.com, tidur kurang dari 4 jam bisa meningkatkan risiko penuaan dini. Seseorang yang terbiasa begadang dan tidur sangat sebentar setiap harinya akan terlihat 9 tahun lebih tua dari usia aslinya.

Orang-orang yang tidur kurang dari 4 jam dipercaya akan mengalami penurunan kemampuan berpikir. Lebih mengerikan lagi, orang-orang yang terbiasa begadang akan mengalami penurunan kemampuan penalaran, kemampuan verbal juga kemampuan untuk mengingat. Peneliti menjelaskan jika tidur yang kurang bisa membuat seseorang lebih mudah kehilangan kemampuan memori jangka pendek maupun jangka panjangnya.

"Kami menemukan bahwa jumlah tidur ideal atau optimal bisa menjaga otak dan kulit tetap baik. Tidur yang baik adalah 6 hingga 8 jam setiap harinya. Kurang atau lebih dari itu sangat tidak disarankan," ungkap Conor Wild seorang peneliti dari Laboratorium Owen.

Well ladies, usahakan agar senantiasa memiliki waktu tidur optimal setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.