Bebaskan TKI Eti, Dede Yusuf Desak Presiden Jokowi Lobi Raja Arab Saudi

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi berharap pemerintah tidak itung-itungan saat ada peluang membebaskan Eti binti Toyib. Eti saat ini tengah menjalani hukuman di Arab Saudi.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dede menyarankan agar ada upaya percepatan untuk pembebasan TKW asal Majalengka itu, Itu seiring adanya penawaran dari yang sebelumnya harus menghadapi hukuman qisas, menjadi diyat (denda).

"Tebusan (menyelamatkan Eti) memang nilainya cukup besar sekitar Rp 20 miliar. Saat ini baru terkumpul Rp 10 miliar. Kami terus koordinasi dengan pemerintah jangan itung-itungan angka," ujar dia sebagaimana dilansir RMOL Jabar (Jawa Pos Grup), Jumat (16/11).

Menurutnya, nyawa warga negara lebih penting ketimbang berbicara terkait nilai. Dede juga menyarankan agar Presiden Jokowi berkomunikasi langsung dengan Raja Arab untuk menuntaskan kasus itu.

"Yang kami tahu Kementerian luar negeri masih melakukan lobi-lobi. Karena untuk penyelesaiannya bukan di kementerian tenaga kerja lagi ini sudah masuk hubungan bilateral," kata Politisi Partai Demokrat itu.

Kasus yang kini menimpa Eti, lanjut Dede, merupakan satu dari ratusan kasus yang kerap kali dialami TKI yang memilih bekerja diluar negeri. Untuk itu pemerintah harus serius dalam proses penanganannya.

"Pekerja Indonesia yang sedang berhadapan dengan hukuman di luar negeri itu mencapai 100 lebih. Ini yang harus diperhatikan apalagi TKI kita di negara luar mencapai 5 juta mereka harus terawasi," tandasnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Sebagai bahan informasi, Eti yang telah mendekam dibalik jeruji belasan tahun tepatnya sejak 2002 lantaran dituding telah membunuh majikannya berpeluang bebas.

Hal tersebut setelah ahli waris korban menawarkan perdamaian dengan diyat (denda) kepada Eti. Setelah bernegosiasi panjang TKW asal Majalengka itu kemudian diminta membayar 5 juta Real (Rp 20 miliar).

Sumber:jawapos

No comments

Powered by Blogger.