Cara Membuat Puding Buah Naga Sederhana, Enak dan Menggugah Selera



      Salah satu kudapan yang cocok dinikmati di saat cuaca terik adalah puding. Cara membuat puding buah memiliki tekstur yang lembut di mulut, membuatnya cocok sebagai hidangan penutup untuk mengakhiri santap lezatmu. 




Asal mula kata puding berasal dari bahasa Prancis, yaitu boudin yang berarti 'sosis darah', dari bahasa Latin, botellus yang berarti 'sosis kecil'. Istilah pudding digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. 



Tidak semua jenis puding rasanya manis, misalnya saja seperti suet pudding (puding lemak) yaitu jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu dengan campuran lemak domba atau lemak sapi. Di Inggris, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang terbuat dari telur dan tepung, cara memasaknya dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang.

Cara membuat puding buah yang rasanya manis biasanya dibuat dengan menggunakan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur. Umumnya dengan rasa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Jenis cara membuat puding ini dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Selain itu, juga ada puding agar-agar. Jenis ini adalah puding yang terbuat dari campuran agar-agar, susu, tepung maizena, dan telur kocok. Cara membuat puding agar-agar ini juga biasanya dihidangkan dengan saus fla. 

Di Indonesia, jenis puding sendiri banyak memanfaatkan bahan-bahan seperti kelapa muda, santan, tape ketan hitam, campuran daun suji, daun pandan dan gula merah. Cara membuat puding buah di Indonesia juga menggunakan buah-buahan seperti jeruk, nanas, sirsak, mangga, dan markisa. 

Cara Membuat Puding Buah Naga

Salah satu olahan yang paling enak dan mudah dibuat yaitu puding buah naga. Dengan campuran buah, maka puding akan semakin nikmat untuk dimakan sebagai camilan sekaligus menyehatkan. Dan kandungannya yang memiliki banyak sekali manfaat sangat baik dalam pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh, cocok buat dikonsumsi secara rutin.

Bahan cara membuat puding buah naga:

- 1 bungkus agar

-agar swallow

- 3 gelas air

- 1 gelas gula

- 1/2 buah naga merah yang kecil

- 1/2 bungkus santan instan kecil

- Sejumput vanili dan garam, untuk dicampur ke panci kedua yang berisi agar-agar dan santan

Cara membuat puding buah naga:

1. Masukkan buah naga dengan ditambahkan segelas air ke dalam blender.

2. Lalu, siapkan panci kecil.

3. Masukkan dan campur bubuk agar-agar dengan gula pasir, aduk secara merata dengan sendok. Tips ini dilakukan agar puding tidak menggumpal dan cepat larut. Lalu tuangkan dua setengah gelas air.

4. Selanjutnya, masak adonan sampai mendidih lalu bagi menjadi dua bagian. Panci yang pertama dicampur jus buah naga dan panci kedua dicampur dengan santan, garam, dan vanili. Panaskan lagi dengan api yang kecil.

5. Setelah selesai, matikan kompor dan angkat panci. Lalu tunggu sampai tidak terlalu panas atau hangat.

6. Tuang agar-agar buah naga digelas setinggi setengah gelasnya saja dan tiriskan. Lalu tuang agar-agar santan dengan perlahan di atas agar-agar buah naga, menggunakan sendok makan, dan mulai dengan sedikit-sedikit saja agar warnanya tidak bercampur.

7. Terakhir, masukkan puding ke dalam kulkas agar terasa segar saat dihidangkan.

8. Setelah selesai, puding siap disajikan.


Sumber : liputan 6

No comments

Powered by Blogger.