Hong Kong Sempat Alami Guncangan Akibat Gempa Berkekuatan M5,9 Yang Guncang Taiwan Pagi tadi



     Gempa terjadi di Selat Taiwan pagi ini (26/11). Laporan gema gempa Hong Kong Observatory melaporkan di Twitter bahwa pada pukul 07:57, gempa berkekuatan 5,9 SR terjadi di Taiwan.



Orang-orang di berbagai distrik Hong Kong juga merasakan guncangan dan gedung itu berguncang. 
Ricky,salah seorang warga Hong Kong yang tinggal di Mong Kok, mengatakan bahwa dia tinggal di lantai 13. Ketika dia tengah berada di Toilet, dia tiba-tiba merasa bahwa apartemen itu berguncang, gorden terus berayun yang berlangsung selama 30 detik. Ia terkejut bahwa gempa bumi telah terjadi, tetapi ia menyebut Observatorium dan hanya bisa memeriksa cuaca.



Selain itu, seorang BMI juga banyak yang merasakan hal yang serupa, salah satunya mengatakan bahwa ketika dia tidur di kamar, dia tiba-tiba merasakan 2x guncangan kuat, mempertahankan 4 hingga 6 detik setiap kali. Awalnya ia mengira bahwa seseorang ingin membangunkannya. Dia tidak peduli. 

Namun, ketika kali kedua dia gemetar, ia khawatir terjadi gempa di Hong Kong. Setelah dia bangun dan melihat berita di TV, ternyata gempa bumi di Taiwan. 

Selain itu, publik merasa terkejut di Central, Tai Po dan Cheung Sha Wan. Beberapa netizen mengajukan pertanyaan di grup Facebook apakah mereka merasakan gempa bumi.

Observatorium Hong Kong mencatat gempa berkekuatan 5,9 di Selat Taiwan, tetapi seri ini berbeda dari Taiwan dan daratan. Biro Meteorologi Tengah Taiwan mencatat kekuatan 6,1 dengan kedalaman fokus 20,5 km, sedangkan China Seismological Network melaporkan besarnya 6,2.


Sumber : SITUSKARTINI

No comments

Powered by Blogger.