Ini Kata Dubes Saudi Soal Eksekusi Mati TKI Tuti Tursilawati

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi menanggapi soal eksekusi mati TKI Tuti Tursilawati di beberapa pekan lalu.

Eksekusi itu dikritik oleh Kementerian Luar Negeri RI, karena dilakukan tanpa notifikasi resmi kepada pemerintah Indonesia.

Angkat bicara dalam sebuah konferensi pers di Jakarta pada Selasa (13/11), Shuaibi mengatakan,

"Sebelum saya menjelaskan, perlu saya sampaikan bahwa peristiwa terkait hukuman mati tidak akan mempengaruhi hubungan baik kedua negara," ujarnya dalam Bahasa Arab yang diterjemahkan oleh penerjemah.

Shuaibi kemudian melanjutkan, "Terkait notifikasi, memang merupakan hak bagi para keluarga untuk memperoleh informasi terkait sanak familinya."

"Namun, saya sendiri masih menunggu informasi dari pemerintah saya sendiri terkait apakah kedutaan Saudi di Jakarta menerima notifikasi berhubungan dengan masalah tersebut."

"Masalah tersebut pernah dibahas antara Menlu Arab Saudi dengan Menlu RI saat kunjungan ke Jakarta (pada Oktober 2018). Kita menerima usulan nota dari pemerintah Indonesia terkait pemberian notifikasi (soal hukuman mati WNI) kepada pemerintah Indonesia."

"Tapi kami (Kedutaan Saudi di Jakarta) sendiri masih menanti dari pihak Saudi."

"Patut juga diingat, notifikasi pernah disampaikan oleh pemerintah Saudi pada beberapa banyak kasus. Tapi untuk kasus ini kita masih menanti dari pemerintah pusat Saudi," kata Dubes Arab Saudi itu menutup penjelasannya.

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.