Mengobati Memar dengan Dioles Telur Rebus, Manjur Nggak Sih?



    Luka memar biasa terjadi akibat adanya benturan dengan benda keras, akibatnya luka menjadi kebiruan dan bahkan bengkak. Banyak orang beranggapan telur rebus yang dioleskan pada luka memar bisa mempercepat proses penyembuhan.



Menurut sejumlah tutorial yang beredar di internet, cara kerjanya adalah dengan merebus telur hingga keras dan panas. Bagian tubuh yang mengalami memar dioles dengan telur rebus yang masih hangat, atau dibungkus dulu dengan kain tipis kalau terlalu panas.



Saat dimintai pendapat, fisioterapis Syahmirza Indra Lesmana, SKM, SFt.MOr. mengatakan bahwa belum pernah mengetahui teknik itu sebelumnya.

"Nggak pernah tahu kalau telur rebus bisa berdampak apa," ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Indra menjelaskan bahwa pada dasarnya luka memar yang dikompres menggunakan sesuatu yang hangat atau panas justru akan menyebabkan kerusakan jaringan dan pembuluh darah tambah parah. Karena pada luka memar terjadi perdarahan yang menumpuk di bawah kulit.

"Kita bayangkan kalau suatu yang berdarah dikasih panas darahnya akan semakin banyak keluar. Kalau keluar, dia akan menumpuk di bawah kulit, itulah yang berbahaya," jelasnya.

Hal yang sama pun dituturkan oleh dokter kesehatan olahraga dari RS Premier Bintaro, dr Hario Tilarso, SpKO. Ia menyebut bahwa tidak ada penjelasan medis bahwa teknik tersebut akan berdampak positif dan membawa perbaikan.

"Nggak ada relevansinya, saya nggak ngerti gimana," ungkap dr Hario.

"Malah makin biru, kerusakan pembuluh darah makin lebar karena panas itu," imbuhnya.

Bagaimana menurut kamu, ada yang pernah mencoba? Tuliskan pengalaman kalian di komentar ya!


Sumber : detik health

No comments

Powered by Blogger.