Pori-Pori Besar Mudah Terserang Jerawat, Berikut 3 Tips untuk Mengatasinya


Dibandingkan dengan pria, perempuan memang lebih memperhatikan penampilannya. Baik wajah, maupun tubuh mereka. Maka tak heran, perempuan langsung sadar jika ada masalah di wajahnya seperti pori-pori di wajah terlihat membesar. Pori-pori atau titik-titik pada permukaan kulit sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka. Nah tiap folikel ini mengandung kelenjar minyak.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Umumnya pori-pori yang ada di wajah terutama bagian dahi dan hidung cenderung terlihat lebih besar. Perlu diketahui bahwa sebenarnya pori-pori kulit itu tidak benar-benar membesar seperti yang kita ketahui. Hal ini merupakan hal genetik.

Orang dengan kulit pucat ataupun putih memiliki pori-pori yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang berkulit lebih gelap. Hal ini juga tergantung pada tipe kulit seseorang.

Orang dengan kulit berminyak pori-porinya lebih nampak dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit kering. Penggunaan makeup pun menjadi salah satu faktor pori-pori kulit terlihat lebih besar atau membesar. Hal ini dikarenakan makeup menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel.

Terlihat besarnya pori-pori seseorang juga bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Bisa juga dikarenakan kadar kolagen yang menurun yang biasanya terjadi pada orang tua. Pori-pori yang tersumbat, terbuka, dan membesar inilah yang biasanya menjadi biang keladi dari jerawat dan komedo.

Untuk itu, begini rutinitas yang perlu dilakukan untuk agar tidak membuat pori-pori tidak terbuka sehingga sumber komedo, jerawat, dan kulit kusam, dilansir dari soompi.

1. Air dingin

Jika ingin mengecilkan pori-pori, dan membuat kulit tetap sehat sebaiknya mencuci wajah dengan air dingin.

2. Kertas minyak (dalam jumlah sedang)

Menurut Beauty Within, kesalahan yang banyak dilakukan adalah menggunakan kertas minyak secara berlebihan ketika melihat wajah kita berminyak. Mengusap minyak pada kulitmu satu atau dua kali di siang hari tidak masalah, tetapi jika sering dilakukan justru kekurangan minyak pada wajah. Jadi, cobalah untuk menahan menggunakan kertas minyak secara berlebihan.

3. Tisu Pembersih

Gunakan pembersih makeup yang bersih, bukan handuk untuk menyeka keringat saat berolahraga. Penumpukan bakteri dapat menyebabkan jerawat. Dengan menggunakan cleansing wipe, dapat menghilangkan semua kotoran dan keringat.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Jangan segera mencuci wajah ketika olahraga, karena pori-pori sedang terbuka karena suhu tubuh yang panas. Sebaliknya, gunakan lap bersih, tunggu beberapa menit, kemudian lanjutkan dengan pembersihan yang biasa dilakukan. Dengan begitu pori-pori pun tidak akan membesar.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.