Sekolah di China Hukum Murid yang Ke Toilet Saat Jam Tidur Siang

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sebuah sekolah di kawasan barat daya China menjadi sorotan setelah dilaporkan memberi hukuman kepada murid yang ke toilet saat jam tidur siang. SCMP memberitakan Rabu (21/11/2018), sekolah di China biasanya mempunyai jam tidur siang wajib sehabis istirahat makan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Bagi siswa yang rumahnya dekat, mereka diperkenankan untuk pulang. Ada juga siswa yang memilih tidur di dalam kelas atau asrama. Harian lokal Thepaper.cn melaporkan, SMP di Dali akhir Oktober lalu memberikan peringatan kepada siswa yang tak disebutkan identitasnya tersebut. Dalam surat yang beredar viral, SMP itu menjelaskan siswa yang bersangkutan telah melanggar peraturan dan mengganggu istirahat teman-temannya. 

Departemen pendidikan setempat menyatakan telah mengetahui surat itu dan meminta kepada sekolah untuk meninjau kembali kebijakannya. Sekolah kemudian merespon dengan mengatakan hukuman itu bisa dicabut dan permasalahan itu tidak akan memengaruhi catatan kedisiplinan siswa bersangkutan. 

"Kami bersedia mempertimbangkannya jika, setelah konseling, siswa itu bisa menunjukkan mereka sudah memahami kesalahan mereka," ujar sekolah dalam keterangan tertulis. Kebijakan itu menjadi perhatian netizen China. Pengguna Weibo menyoroti kesehatan siswa jika mereka dilarang menggunakan toilet saat jam tidur siang. "Seberapa mengganggunya sih dampak dari penggunaan toilet?" tanya seorang netizen. 

"Apa dia kentut terlalu keras?" canda warganet lain. Sebagian netizen lain memberikan simpati dengan menceritakan dia dan temannya pernah hanya bisa berdiri setelah mereka dilarang keluar dari kelas. Sekolah tidak merinci hukuman apa yang diberikan. Namun sejumlah guru di China menjadi perbincangan karena memberikan hukuman ekstrem untuk mendisiplinkan siswanya. 

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

September lalu, seorang remaja 16 tahun di China tengah tewas setelah disuruh lompat kodok sejauh 20 meter karena berbicara selama jam tidur siang. Juli, tiga anak harus dirawat di rumah sakit setelah guru meminta mereka meminum air bercampur abu rokok karena siswa itu ketahuan merokok.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.