Selfie "Penghancur Hati Wanita" Picu Ketakutan Pada Penerbangan di India



       Seorang penumpang diturunkan dari pesawat India dan ditahan untuk dimintai keterangan setelah ia mem-posting foto dirinya melalui aplikasi Snapchat dengan kata “teroris” di dalamnya.



Yogvedant Poddar (21) didepak dari penerbangan Jet Airways 9W 472 setelah penumpang lain yang duduk di belakangnya melihat ia berswafoto dan mengetikkan kata “teroris” dan “menghancurkan” pada ponselnya sebelum di-posting ke media sosial Snapchat. Penumpang berkebangsaan Irlandia, Benjamin Plackett segera melaporkan apa yang ia lihat kepada awak pesawat.



Dalam beberapa menit berikutnya, petugas dari pasukan keamanan industri India (CISF) menyerbu ke dalam pesawat yang berisi 160 penumpang untuk menahan Poddar dan menurunkan barang bawaannya. Insiden itu terjadi ketika pesawat masih berada di landasan menunggu untuk lepas landas dari Kolkata ke Mumbai pada Senin pagi.

Poddar yang diketahui berstatus sebagai mahasiswa ditahan selama hampir 10 jam sebelum akhirnya dibebaskan tanpa tuduhan.

Wakil Komisaris Polisi Kolkata, Avvaru Ravindranath menjelaskan postingan Poddar itu bertuliskan pesan “Teroris ada dalam penerbangan, saya menghancurkan hati wanita.” Postingan itu hanyalah lelucon yang ditujukan kepada temannya.

"Kami menanyainya secara ekstensif dan tidak menemukan hubungan dengan aksi teror. Pesan itu hanyalah pesan lelucon yang dimaksudkan khusus untuk teman-temannya dan tidak bertujuan mengancam atau menyakiti siapa pun," tutur pejabat polisi itu sebagaimana yang dilansir AFP, Rabu (28/11/2018).

Dalam pernyataannya, Jet Airways mengatakan terdapat seorang penumpang yang diturunkan paksa karena alasan keamanan. Namun, dijelaskan kembali bahwa pesawat itu telah berangkat ke tujuannya setelah dilakukan pemeriksaan.

Ini bukan kali pertama kejadian aneh terjadi dalam penerbangan di India.

Pada September, seorang penumpang India dalam penerbangan GoAir memicu kepanikan di tengah perjalanan ketika ia mencoba membuka pintu pesawat, yang dikiranya sebagai pintu toilet.

Pada minggu yang sama, seorang penumpang IndiGo mencoba masuk ke dalam kokpit untuk mengisi daya teleponnya ketika pesawat sedang mempersiapkan lepas landas.

Pasar penerbangan India memang sedang mengalami peningkatan besar dalam jumlah penumpang karena beberapa maskapai tengah menawarkan tarif murah. Sehingga banyak di antaranya merupakan penumpang pesawat untuk pertama kalinya.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.