Tak Pedulikan China, Dua Kapal Angkatan Laut AS Berlayar Melalui Selat Taiwan



     Dua kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berlayar melalui Selat Taiwan pada Rabu, 28 November dalam operasi ketiga yang dilakukan tahun. Langkah AS ini diyakini akan mengundang kemarahan dari China yang menganggap Taiwan sebagai salah satu provinsinya.



Juru Bicara Armada Pasifik AS, Letnan Rachel McMarr mengatakan bahwa kapal USS Stockdale dan pembawa bahan bakar USNS Pecos berlayar melalui Selat Taiwan untuk melakukan kegiatan transit yang "rutin".



"Transitnya kapal-kapal itu melalui Selat Taiwan, menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," ujar Letnan McMarr sebagaimana dikutip AFP, Kamis (29/11/2018).

“Angkatan Laut AS akan terus terbang, berlayar dan beroperasi di mana pun selama hokum internasional mengizinkan,” tambahnya.

Beijing melayangkan protes keras ke Washington setelah kapal angkatan Laut AS setelah dua kapal angkatan laut AS berlayar melalui Selat Taiwan pada 22 Oktober lalu. China menganggap manuver tersebut sebagai pelanggaran wilayah.

China masih melihat Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya untuk disatukan kembali, meskipun kedua pihak diperintah secara terpisah sejak berakhirnya perang saudara di tanah utama mereka tahun 1949.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada AFP bahwa kapal-kapal China telah menegaskan "kehadiran" selama pelayaran yang berlangsung pada Rabu itu. Tetapi dia mengatakan bahwa semua interaksi antara kedua angkatan laut terjadi "aman dan profesional".

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.