5 Strategi Bangkitkan Bisnis yang Sedang Lesu



    Mengelola bisnis sendiri sudah barang tentu menjadi impian banyak orang. Baik mereka yang belum memasuki dunia kerja, maupun yang sudah bekerja sekalipun.



Kendati demikian, mengelola bisnis bukan perkara mudah. Dalam perjalanannya, Anda akan sering menemui banyak halangan. Tidak akan selamanya mendatangkan untung, merugi juga akan Anda jumpai, belum lagi kalau berbicara jenjang bisnis yang tampaknya begitu-begitu saja.



Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri dan mental guna mengatasi setiap kondisi bisnis yang stagnan atau berubah lesu.

Ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menyehatkan kembali kondisi bisnis yang stagnan atau lesu. Berikut tipsnya seperti yang dilansir oleh Swara Tunaiku.

1. Evaluasi

Untuk mengetahui sumber masalah, mulailah dengan mengevaluasi bisnis secara rutin dan berkala, misalnya seminggu atau sebulan sekali. Catat setiap keputusan dan aktivitas yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan. Apakah ada yang salah dengan kebijakan yang Anda inisiasi, atau apakah ada organ bisnis yang memang tidak sesuai?

2. Identifikasi masalah

Langkah berikutnya setelah mengevaluasi, Anda bisa lanjutkan dengan mengidentifikasi masalah yang ada dalam bisnismu. Lakukan analisa terhadap permasalahan yang mengakibatkan stagnasi baik dari faktor eksternal maupun internal. Hal ini penting untuk Anda lakukan agar dapat merancang solusi terbaik untuk mengatasinya.

3. Mempelajari kembali strategi pemasaran

Salah satu elemen penting agar bisnis berkembang adalah strategi pemasaran. Oleh karena itu, coba untuk mengkaji ulang strategi pemasaran yang Anda terapkan kalau bisnis yang Anda jalankan tengah mengalami stagnasi. Jangan lupa untuk juga mempelajari strategi pemasaran yang kompetitor jalankan untuk menambah referensi.

4. Mengenali sistem

Sistem bisnis yang sudah tidak relevan dan mungkin ketinggalan zaman juga bisa menjadi salah satu penyebab stagnasi dalam bisnis. Dalami kembali apakah sistem bisnis yang kamu jalani sudah relevan dengan tren yang sedang berkembang atau belum.

5. Man-power yang tepat

Kalau situasi semakin genting dan hampir tak tertolong, coba review kembali apakah permasalah yang timbul disebabkan kondisi internal yang tidak mendukung atau bukan. Kalau memang demikian, cobalah untuk merestorasi internal bisnis dengan mendatangkan man-power yang lebih baik.

Nah, itu dia hal-hal yang bisa Anda lakukan apabila bisnis yang Anda geluti saat ini sedang stagnan. Selamat mencoba dan yang terpenting adalah tidak berhenti berusaha dan melakukan inovasi.

Sumber :merdeka

No comments

Powered by Blogger.