Indonesia Bakal Jadi Tuan Rumah 2 Pertemuan Ketenagakerjaan



     Indonesia mendapat amanah sebagai tuan rumah pada dua pertemuan besar yang akan dihadiri oleh para Menteri Ketenagakerjaan di Kawasan Asia Tenggara, tahun 2020 mendatang. Yakni ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-26, serta ASEAN Labour Ministers Meeting plus Jepang, Korea dan China (ALMM +3) ke-11.



Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Maruli A Hasoloan, mengatakan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan dua tahunan ini telah dirundingkan dalam kesepakatan bersama pada pertemuan regional tersebut.



"Selain ingin mensukseskan pertemuan, sebagai tuan rumah Indonesia juga akan mendorong pembahasan agenda yang relevan dengan isu ketenagakerjaan ASEAN dan Indonesia," kata dia dalam sebuah keterangan tertulis, Minggu (2/12).

Maruli menyebutkan, tema pertemuan akan dibahas bersama dengan seluruh anggota ASEAN dan ASEAN+3 dalam berbagai serial pertemuan pasca pelaksanaan acara inti. Dia juga menegaskan, tema yang kelak akan dibahas harus relevan dalam merespons isu mutakhir perihal ketenagakerjaan.

"Pada rangkaian pertemuan sebelum pelaksanaan itulah, Indonesia akan aktif menyampaikan inisiatif gagasan sebagaimana yang dilakukan selama ini," ungkap Maruli.

Selain itu, Maruli juga menyatakan bahwa Indonesia akan mencoba untuk mengangkat isu pemberia akses pendidikan pada anak-anak pekerja migran dari, peningkatan migrasi yang aman serta dampak ketenagakerjaan dari industri 4.0, pada pertemuan antar Menteri Ketenagakerjaan di Kawasan Asia Tenggara.

Sumber : merdeka

No comments

Powered by Blogger.