Mana yang Lebih Sehat, Minum Kopi Panas atau Dingin?



     Kopi memang mengandung kafein yang tak baik jika dikonsumsi secara terus-menerus, apalagi dengan campuran gula. Tapi, jika diolah dan disajikan dengan cara yang benar Anda akan dapat manfaat kesehatannya loh.



Kopi yang diseduh panas bukanlah satu-satunya cara penyajiannya. Sekarang, kopi yang diseduh dingin kian digemari. Bahkan, popularitas minuman dingin meningkat sebesar 580 persen dari tahun 2011 hingga 2016,



Kopi yang disajikan dingin menggunakan proses tanpa panas membuat biji kopi tertekan dalam jangka waktu yang lama. Perusahaan-perusahaan kopi bahkan mengklaim bahwa metode penyeduhan ini dapat mengurangi kandungan asam, yang berarti membantu mengurangi masalah perut. Tetapi sangat sedikit penelitian yang mengungkapkan tentang manfaat nyata dari minuman dingin.

Para peneliti yang mengkaji perbedaan kimia antara kopi dari Brasil, Columbia, Myanmar, Meksiko dan dua wilayah Ethiopia menemukan bahwa konsentrasi senyawa asam dan aktivitas antioksidan lebih tinggi dalam minuman panas daripada minuman dingin.

“Kopi memiliki banyak antioksidan. Jika Anda meminumnya secukupnya, penelitian menunjukkan itu bisa sangat baik untuk Anda dan kami menemukan minuman panas memiliki kapasitas antioksidan lebih, ” terang Megan Fuller, PhD, asisten profesor kimia di Jefferson.

Kopi panas telah terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti kemungkinan menurunkan risiko kanker, diabetes dan depresi. Para peneliti mencatat bahwa senyawa asam bertanggung jawab atas aktivitas antioksidan yang lebih tinggi yang ditemukan dalam kopi panas.

Satu penjelasan yang mungkin adalah senyawa melanoidin, yang mempengaruhi tingkat PH dan memiliki sifat yang melawan radikal bebas yang merusak sel, tetapi sejauh ini, para peneliti tidak dapat memastikan bahwa melanoidin adalah karakteristik dari minuman dingin.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk benar-benar melihat pro dan kontra antara dua metode pembuatan kopi. Kendati demikian, Anda sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi kopi walaupun banyak manfaatnya, karena sesuatu yang berlebihan itu tetap tidak baik.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.