Menyamar Jadi Ibu Negara, Perempuan Nigeria Tipu Pengusaha Rp6 Miliar



    Seorang perempuan yang menggunakan berbagai identitas palsu untuk masuk ke kompleks kepresidenan Nigeria akhirnya ditangkap. Perempuan itu diduga melakukan aksinya guna menjalankan sebuah usaha penipuan.



Berdasarkan keterangan dinas rahasia Nigeria, perempuan bernama Amina Mohammed itu mulanya menyamar sebagai ibu negara dari negara bagian Kogi untuk mendapatkan akses ke vila kepresidenan. Dia kemudian diduga mengundang orang ke vila dan meyakinkan mereka bahwa itu adalah undangan dari istri presiden.



“Itu semua bohong,” kata Amina mengakui perbuatannya dalam konferensi pers yang dilansir BBC, Rabu (5/12/2018).

Juru Bicara Departemen Keamanan Negara Nigeria (DSS), Peter Afunanya mengatakan, skandal tersebut terjadi saat Ibu Negara Aisha Buhari sedang berada di luar negeri pada November 2017.

Seorang pengusaha bernama Alexander Chika Okafor mengaku telah diundang ke vila kepresidenan oleh Amina yang kemudian menipu dana sebesar 150 juta naira (sekira Rp6 miliar) darinya terkait kesepakatan properti di Ibu Kota Lagos.

"Investigasi telah menunjukkan bahwa usaha kotor ini dilakukan tanpa sepengetahuan ibu negara," kata Afunanya.

“Nona Mohammed mengambil keuntungan dari fakta bahwa pribadi seperti ibu negara, menteri dan kategori pejabat tertentu tidak perlu melalui protokol ketat dan pemeriksaan keamanan di pos-pos vila,” tambahnya.

Kebocoran keamanan yang terjadi di kompleks kepresidenan Nigeria sangat mengejutkan bagi banyak pihak. Pasalnya kompleks yang dikenal dengan nama Aso Rock itu dijaga ketat oleh petugas dari DSS dan kepolisian.

Semua staf yang bekerja di sana harus memiliki izin masuk yang termasuk data biometrik dan semua pengunjung harus mendaftarkan diri.


Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.