Belum Dua Jam Dilantik, Wali Kota Meksiko Ditembak Mati di Siang Hari Bolong



     Wali Kota Kota Tlaxiaco di Negara Bagian Oaxaca, Meksiko, tewas diserang oleh beberapa pria bersenjata dalam tugas pertamanya setelah menjabat, kurang dari dua jam setelah dia dilantik. Seorang pelaku telah ditangkap terkait serangan tersebut.



Diwartakan RT, Kamis (3/12/2019) Alejandro Aparicio baru menjabat sebagai presiden Kota Tlaxiaco selama satu setengah jam sebelum dia diserang dengan senjata api saat akan melakukan inspeksi pertamanya sebagai pimpinan pemerintah lokal. Kantor jaksa penuntut mengatakan, serangan tersebut terjadi pada siang hari ketika Alejandro bersama dengan beberapa staf dan penasihatnya berjalan kaki usai upacara pelantikan.



Dia dilaporkan mengalami luka di bagian dada dan segera dilarikan ke rumah sakit, namun dokter tidak dapat menyelamatkan nyawanya dan dia dinyatakan meninggal dunia beberapa saat kemudian. Selain Alejandro, empat pejabat juga terluka dalam serangan tersebut, termasuk seorang korban yang mengalami luka parah.

Gubernur Oaxaca Alejandro Murat mengutuk serangan tersebut dan menuntut "penyelidikan menyeluruh" oleh jaksa agung. Murat membenarkan bahwa salah satu tersangka pelaku telah ditahan.

Ada laporan yang saling bertentangan mengenai jumlah penyerang. Laporan awal menyebutkan pelaku adalah dua orang yang melepaskan tembakan ke arah wali kota dan anggota rombongannya. Namun, ada juga laporan yang menyatakan bahwa salah seorang pelaku telah ditangkap dan dihakimi oleh massa yang membalas kematian Alejandro.

Alejandro Aparicio adalah wali kota yang mewakili Partai Gerakan Regenerasi Nasional (MORENA) yang mengusung Presiden Manuel Lopez Obrador. Dia adalah pejabat pemerintah kedua dari MORENA yang ditembak mati dalam sepekan terakhir.

Pada Minggu, Maria Asuncion Torres Cruz, seorang calon anggota parlemen kota Mazatepec juga ditembak mati di depan rumahnya, beberapa jam sebelum dilantik. Seperti Alejandro, Maria adalah politikus dari Partai MORENA.

Telah terjadi lonjakan kekerasan politik di Meksiko dalam setahun terakhir. Menurut Indikator Kekerasan Politik di Meksiko yang dilaporkan oleh konsultan Etellekt, dari September 2017 hingga Agustus 2018, 850 politisi diserang dan 175 terbunuh di seluruh negeri.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.