Manfaat Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut yang Wajib Sahabat Fimela Ketahui

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sejak zaman dahulu, kemiri atau dalam yang Bahasa Inggris-nya disebut sebagai candlenut ini memang sudah banyak digunakan untuk perawatan rambut secara tradisional. Seiring berkembangnya teknologi, para ilmuwan melakukan penelitian terkait kandungan-kandungan yang terdapat di dalam kemiri beserta manfaatnya. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Berdasarkan beberapa penelitian, ditemukan bahwa kemiri kaya akan kandungan, gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Jadi, tak heran jika banyak produk perawatan rambut yang memanfaatkan minyak kemiri sebagai salah satu bahan utamannya. Lantas, sebenarnya apa saja sih manfaat bahan alami yang satu ini bagi rambut? Cari tahu jawabannya di sini!

1. Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Selain rontok, kering, dan bercabang, masalah rambut yang sering membuat banyak orang sebal adalah munculnya uban. Apalagi, jika uban tersebut muncul pada usia yang masih tergolong muda. Sebenarnya, munculnya uban di usia muda termasuk sebagai salah satu tanda penuaan dini, lho. Namun, sebaiknya tak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan minyak kemiri. Bahan alami yang satu ini diketahui memiliki kandungan vitamin E sebagai anti-oksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban. Nah, Sahabat Fimela bisa memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut dengan cara mengaplikasikannya ke seluruh batang hingga ujung rambut. Jika dilakukan secara rutin, uban pun secara perlahan akan menghilang.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Pernahkah merasakan khawatir akan masalah kebotakan dini atau rambut semakin tipis karena mudah rontok? Tenang saja, bisa memanfaatkan minyak kemiri untuk mengatasi masalah permasalahan tersebut, kok! Selain punya kandungan omega, minyak kemiri juga memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala yang nantinya akan menutrisi akar rambut. Dengan begitu, rambutmu pun akan jauh lebih ternutrisi, sehingga rontok pun akan berkurang. kamu bisa mengaplikaiskan minyak kemiri pada kulit kepala sembari memijatnya dengan lembut tiap dua kali dalam seminggu.

3. Memperkuat Akar Rambut

Salah satu sebab rambut menjadi mudah rontok adalah akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut, dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut. Seperti yang telah disebutkan, minyak kemiri kaya akan kandungan vitamin dan berbagai nutrisi yang tak hanya sekadar mampu menutrisi, tapi juga memperkuat rambut hingga ke bagian akar rambut.

4. Mengurangi Peradangan Akibat Ketombe

Asam linoleat merupakan jenis asam lemak tak jenuh Omega-6 yang memiliki fungsi sebagai anti inflamasi yang terkandung dalam minyak kemiri. Selain bersifat sebagai anti inflamasi, kandungan tersebut juga dikenal efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit kepala akibat ketombe. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengoleskan minyak kemiri pada bagian kulit kepala yang meradang atau seluruh bagian kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain berfungsi sebagai anti peradangan, asam linoleat pada minyak kemiri juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengoleskan minyak kemiri pada rambut secara rutin, maka rambut pun secara perlahan akan tumbuh menjadi lebih subur. Tak hanya itu saja, minyak kemiri juga bisa menjaga kealamian rambut hitammu serta menjadikannya tampak berkilau.

Nah, setelah tahu berbagai manfaat minyak kemiri untuk rambut, apakah tertarik menggunakannya sebagai perawatan rambut alami sehati-hari?

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.