Sejak Menjadi “Nyonya Hong Kong”, 12 Tahun Jamilatin Terlantarkan Ayahnya



    Sepriki pun rolas tahun mas angsale mboten purun ngubungi ngriyo (Sampai saat ini sudah 12 tahun tidak mau menghubungi keluarga tutur Rohmatin Karangayanr Jawa Tengah.



Rohmatin merupakan kerabat yang tinggal bersama Marnun (72) seorang kakek yang di telantarkan anak sematawayangnya Jamilatin di Hong Kong.



Menurut penuturan keluarga, Jamilatin sebenarnya bukan anak kandung Marmun dan almarhumah Semi istrinya, Jamilatin di adopsi 43 tahun silam dari Sulawesi saat Marmun dan istrinya menjadi seoranng pedagang warung makanan di kawas lintas trans Sulbar.

Karena di adopsi sejak bayi lantaran wanita yang melahirkan Jamilatin tidak mau merawat  karena malu dengan kelahiran bayi tersebut, Marmun dan Semi saat itu belum di karuniai momongan menjadi senang hati merawat bayi terssebut.

Marmun, Semi dan Jamilatin yang masih duduk di bangku SD berpindah ke karangayar  serta Semi saat itu harus merawat orang tuanya yang sakit-sakitan.

Kini sejak 8 tahun silam Semi telah pulang ke Ilahi setelah sebelumnya sakit-sakitan menahan perih hati dan berat pikiran karena usai Jamilatin berpamitan akan menikah di Hong Kong tidak ada kabarnya lagi.

Kini Marmun di rawat Rohmatin keponakan almarhum Semi dengan lapang  iklas mengurusi Marmun serta menanggung kebutuhan hari tua Marmun.

Namun demikian Marmun masih berhadap bertemu dengan Jamilatin meskipun hanya anak angkatnya.

Tahun 2016 kemarin salah seorang keponakan Rohmatin yang bekerja di Hong Kong berhasil menemukan Jamilatin, namun menurut penuturan keponakan  Rohmatin setelah berhasil dan mengakui jika perempuan tersebut adalah Jamilatin yang di cari selama ini, Jamilatin ngacir menghindar saat dikabari di cari ayahnya Marmun.

"Entah apa alasanya sebelum dikabari  kalau dicari ayahnya ponakan saya yang bertemu mendegar cerita yang gedhe gedhe tentang kehidupan Marmun yang bersuamikan orang Nepal, Katanya makmur, punya pembantu orang Indonesia juga, Tapi saat keponakan saya mengakui  bahwa dia adalah saudara ibunya dan menunjukan foto Marmun sambil mengatakan mbah Semi sudah meninggal, mbah Marmun Kangen, Jamilatin langsung ngacir pergi, beber Rohmatin.

"Itu bukan urusanku aku gk mau tau, begitu yang di ucapkan JAmilatin ke keponakan saya pas di sodori nasib mbah Marmun, lanjutnya.

Rohmatin Berharap agar "Nyonya Hong Kong Jamilatin berkenan menghubungi keluarganya terutama ayahnya.

Sumber : indonesiamornings

No comments

Powered by Blogger.