5 Perawatan Sederhana untuk Meredakan Masalah Kuku Cantengan



    Cantengan merupakan salah satu penyakit yang dialami banyak orang di Indonesia. Cantengan merupakan kondisi infeksi kuku yang disebabkan oleh berbagai kebiasaan sehingga kuku tumbuh menembus kulit dan menyebabkan berbagai hal seperti keluarnya nanah.



Penyakit ini sendiri biasanya diawali dari kebiasaan menggigit kuku, pemotongan kuku yang terlalu dalam, serta masalah kuku lainnya. Dilansir dari Health Me Up, berikut sejumlah perawatan sederhana untuk mengatasi cantengan.



Merendam Kaki

Merendam kaki dengan air garam selama 20 menit mampu membantu melembutkan daerah kuku cantengan. Sedangkan merendam kaki di hidrogen peroksida dapat membantu mengurangi rasa sakit dan infeksi.

Cuka Apel

Cuka apel juga bisa kamu manfaatkan untuk dimasukkan ke dalam air rendaman kaki. Bahan alami di dalamnya mampu mengurangi nyeri infeksi.

Balsem

Dinginnya balsem diyakini dapat menyembuhkan kuku yang tumbuh ke dalam serta mengurangi nyeri.

Sabun Antibakteri

Merendam kaki dalam sabun antibakteri mampu menghilangkan bakteri penyebab nanah di kuku cantengan. Setelah kaki kamu kering, oleskan pula salep antibakteri di atasnya.

Lemon

Lemon juga mampu jadi bahan untuk mengobati kuku yang cantengan. Caranya adalah ikat irisan tipis lemon di kuku cantengan dengan perban dan biarkan semalam. Sifat asam dari lemon membantu dalam menyembuhkan infeksi.

Berbagai hal bisa menjadi penyebab kuku cantengan seperti infeksi, diabetes, pemakaian sepatu hak tinggi, memotong kuku terlalu pendek, serta tidak memotong kuku dalam waktu yang lama. Ketika kamu mengalami cantengan, sejumlah penanganan sederhana itu bisa kamu lakukan.

Sumber :merdeka

No comments

Powered by Blogger.