7 Situasi Penggunaan Makeup dapat Mengganggu Kesehatan Mata


https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dalam urusan makeup, mata memang memegang peranan yang penting, terlebih bagi seseorang yang gemar menggunakan eye makeup. Selain memerlukan teknik tertentu, merias bagian mata juga perlu dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, mungkin saja terjadi gangguan kesehatan mata jika kamu tidak melakukannya secara tepat. Nah, agar kesehatan mata senantiasa terjaga, coba perhatikan hal-hal berikut ini, yuk!
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

1. Tidak berhati-hati saat mengaplikasikan eyeliner

Ada dua kemungkinan masalah kesehatan mata yang dapat terjadi dari penggunaan eyeliner. Pertama, terlalu sering menarik kelopak mata untuk membuat eyeliner, sehingga area tersebut berpotensi semakin mengendur dan timbul kerutan. Kedua, bisa saja karena mengaplikasikan eyeliner dalam jarak yang terlalu dekat, sehingga tanpa sengaja dapat mengenai bola mata berkali-kali. Jika sudah demikian, jangan heran apabila mata jadi iritasi. Solusinya, tentu saja perlu lebih berhati-hati lagi dalam penggunaan eyeliner!

2. Mengaplikasikan makeup di mobil

Mengingat macetnya lalu lintas Ibu Kota, mungkin banyak dari yang memanfaatkan waktu di jalan untuk mengaplikasikan makeup. Selama mobil dalam keadaan berhenti sih masih tidak apa-apa. Namun, apabila kamu berada di kursi penumpang dalam mobil yang tiba-tiba berhenti mendadak atau terlalu ngebut, bukan hal yang tidak mungkin jika risiko mata tercolok dapat terjadi.

3. Menggunakan oil-based makeup

Meskipun tidak selalu, produk makeup oil-based cenderung berpotensi lebih besar untuk menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat maupun milia. Untuk menjaga kesehatan mata, lebih baik pilihlah produk makeup yang oil-free alias bebas minyak dan juga alkohol. Apabila kamu menggunakan makeup remover yang terbuat dari bahan dasar minyak, pastikan telah membilasnya hingga benar-benar bersih.

4. Menggunakan makeup yang sudah kedaluwarsa

Pernah pakai eyeliner atau maskara yang sudah kedaluwarsa? Meskipun produk masih bekerja dengan sangat baik, masih bersisa banyak, dan tidak ada perubahan yang signifikan secara fisik, sebaiknya hal tersebut tak lagi kamu lakukan. Saat dilihat langsung, memang produk masih sama seperti saat pertama kali dibeli. Namun, secara tak kasat mata, apakah kamu tahu sudah seberapa banyak bakteri yang bersarang pada produk tersebut? Seiring berjalannya waktu, bakteri akan semakin menumpuk pada produk dan hal ini bisa menyebabkan iritasi maupun infeksi pada mata, seperti yang terjadi pada Shirley Potter setelah ia menggunakan maskara berumur 20 tahun.

5. Tidak membersihkan makeup secara maksimal

Selama tidur, secara tidak sadar kamu mungkin akan menggosok mata atau menggesekkannya pada bantal dan guling. Nah, apabila Sahabat Fimela tidak membersihkan riasan mata dengan benar sebelum tidur, hal ini bisa menyebabkan iritasi pada mata. Contohnya saja, Theresa Lynch yang nyaris buta karena tidur dengan masih menggunakan maskara. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk membersihkan riasan sebelum tidur. Selain membersihkan makeup pada wajah, kebersihan alat makeup seperti kuas dan penjepit bulu mata juga perlu diperhatikan, ya!

6. Asal menggunakan lem untuk bulu mata palsu atau eyelash extension

Walaupun sekilas terkesan sepele, memilih lem bulu mata yang tepat dan aman sangatlah penting. Bagaimana tidak? Produk ini diaplikasikan begitu dekat dengan mata dan karena bentuknya yang cair. Oleh karenanya, sangatlah mungkin untuk produk ini tak sengaja mengenai bola mata. Untuk mencegah iritasi maupun infeksi, pilihlah lem bulu mata yang memang sudah terjamin kualitasnya.

Begitu pula saat akan melakukan eyelash extension. Pastikan sudah memilih salon eyelash extension yang terpercaya menggunakan produk aman dan berkualitas, agar tidak berakhir dengan gangguan penglihatan seperti Megan Rixson, yang eyelash extesion-nya diaplikasikan menggunakan lem kuku, alih-alih lem khusus eyelash extension.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

7. Pinjam meminjam produk makeup

Setiap orang memiliki bakteri yang berbeda-beda pada tubuhnya. Saat meminjamkan atau meminjam produk makeup dari orang lain, maka kamu akan membawa bakteri baru pada kulit dan mata kamu. Tak hanya menambah bakteri sekaligus memperbesar risiko iritasi, bisa saja orang yang pinjam makeupnya memiliki infeksi atau masalah mata lainnya yang bisa menular. Untuk lebih amannya, coba hindari intensitas untuk pinjam meminjam produk makeup mata, ya!

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.