Alasan Telur Sebaiknya Tidak Dicuci Sebelum Dimasak



   Mencuci makanan seperti buah dan sayur adalah hal yang harus dilakukan untuk membersihkannya dari kuman dan pestisida. Namun,tidak dengan telur. Sumber makanan kaya protein ini tidak dianjurkan untuk dibersihkan sebelum diproses.



Mencuci beberapa makanan memang tidak akan terlalu berguna. Salah satunya adalah telur. Bahkan, membersihkannya dengan air malah membuat telur menjadi tercemar.



Dilansir dari Reader's Digest pada Senin (11/3/2019), ahli gizi dan United States Department of Agriculture (USDA) menyatakan bahwa telur tidak perlu dicuci. Hal ini karena biasanya, produk dari ayam yang diproduksi secara komersial sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum dijual.

Proses pembersihan tersebut yaitu dengan menghilangkan lapisan pelindung alami yang disebut kutikula dari permukaan telur. Setelah itu, lapisan minyak bermineral yang aman dioleskan ke permukaannya. Ini untuk mencegah bakteri masuk dan mencemari telur.

"Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, karena cangkangnya yang keropos, air bisa mendorong bakteri ke dalam telur," kata pakar kesehatan holistik Amy Leigh Mercree. Apalagi jika Anda menggunakan air dingin atau mengalir.

Menggunakan air hangat

Mercree mengatakan, secara alami memang ada potensi bakteri terbentuk di permukaan telur. Namun, mencucinya hanya membuatnya lebih buruk.

"Karena cangkangnya yang keropos, Anda hanya mengembalikannya dari permukaan telur," tambahnya. Ini jelas menimbulkan risiko pencemaran yang lebih besar dari telur yang akan dikonsumsi.

Dia menambahkan, ada beberapa telur segar yang diambil langsung dari peternak dan belum mengalami proses pencucian ketat. Diakuinya bahwa hal tersebut berpotensi mengandung kotoran. Tetap saja, Mercree tidak menyarankan Anda untuk mencucinya.

Walaupun begitu, jika Anda memang benar-benar ingin mencuci telur-telur segar semacam ini, pastikan untuk menggunakan air hangat dan menghindari sabun. Sementara, jika Anda baru saja membeli telur yang dijual di supermarket atau dalam kemasan, disarankan agar tidak mencucinya.

Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.