Bukan Cengeng, Ada 5 Manfaat Nangis yang Harus Diketahui



    Tangisan adalah bentuk luapan emosi yang seharusnya tidak terbatas gender. Baik perempuan maupun laki-laki, sama-sama berhak menangis ketika merasa bahagia atau sedih.



Tapi seringnya, orang yang gampang meneteskan air mata akan mendapat label cengeng atau terlalu sensitif. Tapi tahukah Anda, anggapan itu ternyata salah.



Faktanya adalah, ketika bisa mengeluarkan air mata dengan mudah, pertanda Anda adalah pribadi yang kuat karena memiliki kendali yang baik atas emosi. Seperti yang kita pahami, emosi perlu diluapkan dengan cara yang sehat, salah satunya dengan menangis. Berpura-pura kuat dan menyembunyikan emosi bukan sesuatu yang sehat, kan.

Membantu pengelihatan lebih baik

Siapa sangka, ketika kamu tidak menangis pun, air mata mengalir dari kelenjar lakrimal setiap kali berkedip. Kelembaban ini terbuat dari air, minyak dan lendir yang membantu untuk memelihara pengelihatan mata. Maka jika kamu menangis, air mata dapat membantu membersihkan puing-puing yang ada di mata. Juga mempermudah cahaya masuk ke mata untuk pengelihatan yang lebih baik

Air mata dibagi menjadi tiga tipe

Air mata basal adalah jenis air mata yang membersihkan dan melumasi mata, biasanya air mata ini akan muncul ketika kamu sedang bersin. Air mata refleks adalah air mata yang keluar ketika mata merespon pada senyawa yang mengganggu, seperti saat sedang mengupas bawang atau terkena debu. Last but not least, ada air mata emosi. Yup! dari namanya saja, sudah terlihat bahwa yang satu ini pasti penyebabnya karena perasaan.

Meredakan stress

Jangan anggap remeh masalah yang sedang kamu alami. Menurut para ilmuwan, menangis dapat meringankan beban pikiran. Walaupun tidak sepenuhnya benar-benar akan memulihkan tetapi menangis baik untuk meredakan stress tahap awal.

Ungkapan perasaan yang paling jujur

Ketika kamu menangis, berarti secara tidak langsung kamu sudah siap membuka diri kepada orang lain. Menangis itu, memerlukan tenaga dan keberanian yang besar lho jika dikaitkan dengan perasaan yang kompleks dan penuh emosional. Seperti saat seseorang menunjukkan amarah dan kekecewaan lewat air mata karena tidak mampu berucap.

Pertanda kamu adalah orang yang kuat

Pandangan masyarakat tentang orang yang mudah menangis adalah lemah atau cengeng, ternyata keliru. Faktanya, ketika kamu bisa mengeluarkan air mata dengan mudah adalah pertanda kamu orang yang kuat karena memiliki kendali yang baik atas emosi diri.


Sumber :viva

No comments

Powered by Blogger.