Keajaiban Baking Soda dalam Membersihkan Rumah



    Soda kue atau dikenal dengan baking soda lebih populer digunakan untuk membuat kue. Fungsinya terlihat saat memanggang kue, di mana adonan kue yang dimasak akan mengembang akibat kandungan sodium bikarbonat di dalamnya.



Ternyata, fungsi baking soda ini tidak terletak di dunia kuliner saja. Malahan, bahan ini dipercaya sebagai bahan yang ampuh untuk membersihkan rumah. Kandungan kimia yang terdapat dalam pengembang adonan kue ini bekerja lebih baik ketika digunakan sebagai bahan pembersih.



Orang Mesir Kuno pun memakai baking soda sejak abad 3500 SM sebagai bahan pembersih dan proses mumifikasi. Dikutip dari laman thekitchn.com Senin, 25 Februari 2019, inilah empat alasan baking soda bisa dijadikan sebagai alat pembersih rumah.

Baking Soda Menyerap Bau

Baking soda bisa menyerap semua bau yang terdapat di ruangan Anda. Uniknya, baking soda dinilai lebih ampuh dari lilin pewangi atau AC sebab kedua benda tersebut hanya menutupi bau yang ada di ruangan tersebut.

Dalam ilmu kimia, baking soda bersifat basa, sedangkan aroma tidak sedap dikategorikan bersifat asam. Ketika basa bertemu asam, hasilnya aroma tak sedap menjadi netral dan tidak tercium lagi.

Membersihkan Lebih Baik

Mampu Bereaksi dengan Cuka

Baking soda dan cuka bisa dikombinasikan untuk membersihkan dapur atau kamar mandi Anda. Apalagi jika kloset Anda mampat, menuangkan baking soda dan cuka ke dalamnya bisa memperlancar kloset Anda kembali.

Kombinasi baking soda dan cuka ini bisa dipraktikkan dengan perkakas rumah Anda yang kotor. Caranya, oleskan pasta baking soda ke perkakas tersebut, kemudian percikkan sedikit cuka di atasnya. Hasilnya, perkakas dapur Anda yang kotor akan terlihat berkilau.

Baking Soda Membersihkan Lebih Baik daripada Sabun

Dibandingkan sabun biasa, baking soda bisa membersihkan lebih baik. Molekul lemak yang ada di sabun masih kurang keras (abrasif) dibandingkan baking soda. Karena itulah, bahan pengembang kue tersebut dinilai lebih bisa menghilangkan noda dari permukaan ruangan atau peralatan dapur.

Baking Soda Melepaskan Gas

Ketika baking soda dipanaskan pada suhu di atas 148 derajat Celcius, ia akan melepaskan gas. Inilah letak keajaiban soda kue dalam menghindari kebakaran, sebab karbondioksida yang dihasilkan oleh gas tersebut telah menghalangi oksigen yang telah memicu api. Gas dari baking soda tersebutlah yang membuat adonan kue yang dipanggang menjadi mengembang.

Reaksi baking soda kue tersebut bisa digunakan sebagai pembasmi serangga yang tidak beracun. Ketika gas tersebut mengenai kecoak atau semut, gas akan menumpuk di dalam tubuh mereka yang bercangkang keras. Akibatnya, organ tubuh mereka tidak bisa bertahan dan akhirnya mati. 


Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.