Melirik Lebatnya Untung Salon Khusus Hewan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Mempunyai hewan peliharaan sedang menjadi trend di kalangan millenial. Si empunya rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk membawa hewan kesayangannya ke salon khusus hewan  agar terlihat cantik dan bersih.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Fenomena ini mendorong tumbuhnya usaha salon khusus hewan peliharaan. Kini, salon hewan mudah ditemukan di pinggir jalan dan pusat pertokoan.

Micheal Hutomo, Pemilik Michhutomo, asal Jakarta, mengamini hal tersebut. "Sekarang para pemilik hewan mulai memperhatikan anjingnya," tegasnya dilansir dari Kontan, Sabtu (23/3).

Saban bulannya tidak kurang dari 150 ekor anjing mengantri untuk dibersihkan mulai dari mandi, gunting kuku, membersihkan telinga, dan gunting bulu di salonnya yang berada di kawasan Jakarta Barat.

Untuk menyelesaikan seluruh pekerjaannya, perempuan berusia 27 tahun ini dibantu oleh enam orang karyawan.

Menyasar pencinta hewan kalangan menengah ke atas, tarif jasanya dibanderol mulai dari Rp 90.000 sampai Rp 900.000 per ekor.

Devi Suryani, Pengelola RX Grooming asal Jakarta mengaku kerap kebanjiran permintaan membersihkan hewan peliharaan (anjing dan kucing).

"Setiap hari kami menerima permintaan untuk membersihkan 30 ekor hewan peliharaan," katanya.

Berbeda dengan sebelumnya, RX Grooming membersihkan hewan peliharaan di rumah konsumen. Terdapat delapan orang karyawan yang siap menyelesaikan seluruh permintaan konsumen.

Fasilitas yang disediakan ada dua yakni mandi sehat yang meliputi mandi, sikat gigi, membersihkan telinga, gunting kuku, dan merapikan bulu. Dan, fasilitas lainnya adalah mandi biasa.

Menyasar konsumen kalangan menengah harga layanannya dipatok mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 150.000 per ekor. 

Gelar promosi untuk tingkatkan loyalitas konsumen

Manisnya cuan usaha salon khusus hewan, mendorong munculnya para pemain baru, otomatis persaingan pun terasa makin ketat.

Untuk mengikat para pelanggan, salon hewan mulai memasang promo menarik. Seperti RX Grooming yang memberikan diskon 10%-20% untuk setiap pelanggan yang mengambil paket grooming selama tiga bulan.

Berbeda dengan Michhutomo yang menggunakan sistem poin untuk meningkatkan loyalitas konsumen. "Setiap pembelanjaan Rp 100.000 mendapatkan satu poin, bila terkumpul sampai 25 poin bisa mendapatkan potongan Rp 100.000," jelasnya.

Selain itu, layanan terbaik selalu diberikan kepada konsumennya. Dia mengaku setiap groomer alias ahli potong bulu hewan telah mendapatkan sertifikat dari sekolah kursus grooming luar negeri.

Di sisi lain dia mengaku kesulitan yang dihadapinya adalah menjamin ketepatan waktu selesainya memandikan anjing. Karena, saat bulu anjing kusut membutuhkan waktu lama untuk merapikannya kembali.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Asal tahu saja, butuh waktu sekitar 2,5 jam sampai tiga jam untuk memandikan satu ekor anjing berukuran kecil.

Berbeda dengan RX Grooming yang mengalami kendala sulitnya mencari karyawan baru. Maklum saja, dibutuhkan orang yang suka dengan hewan, telaten, dan terampil untuk bisa menjadi tenaga salon hewan peliharaan.

Sumber:kontan


No comments

Powered by Blogger.