6 Kebiasaan Sehari-hari ini Bisa Mempercepat Penuaan



      Penuaan memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari, namun itu tergantung juga pada gaya hidup dan kebiasaan Anda yang bisa mempercepat penuaan.



Namun Anda juga harus ingat, penuaan bukan hanya terjadi di wajah. Sel-sel tubuh pun bisa mengalami penuaan yang berakibat pada meningkatkan risiko penyakit.



Nah, karena itu ketahuilah hal-hal yang mempercepat proses penuaan berikut, seperti dilansir laman Care2, Senin (15/4).

1. Duduk terlalu lama

Lingkaran pinggang yang lebih besar seharusnya bukan satu-satunya kekhawatiran Anda jika duduk berjam-jam setiap hari.

Sebuah studi yang melibatkan 505 pria dan wanita menemukan bahwa wanita yang melaporkan jam duduk lebih lama pada hari kerja memiliki peradangan kronis tingkat rendah dan kesehatan metabolisme yang buruk.

Jika Anda ragu dengan studi di atas, Anda perlu melihatnya. Disimpulkan bahwa wanita yang duduk di kursi selama setidaknya enam jam sehari adalah 34 persen lebih mungkin meninggal dini.

Dianjurkan untuk berdiri beberapa kali setiap jam atau mendapatkan meja berdiri.

2. Minum alkohol terlalu banyak

Tahukah Anda bahwa peminum moderat memiliki risiko kematian yang lebih rendah? Menurut penelitian, minum alkohol satu gelas per minggu bisa menurunkan risiko kematian dan gagal jantung.

Minum lebih dari tujuh minuman memiliki efek sebaliknya. Ini memicu peradangan dan mempercepat penuaan. Faktanya, minum berlebihan telah diketahui menyebabkan garis-garis halus, kerutan, dan jerawat.

3. Rendah vitamin D Intake

Vitamin D lebih penting daripada yang kita tahu. Baru-baru ini para ilmuwan menemukan bahwa vitamin D membantu menghambat peradangan.

Vegan bisa mendapatkan vitamin D dari makanan yang diperkaya, jamur, dan tahu. Penting juga untuk mendapatkan setidaknya 20 menit paparan sinar matahari.

4. Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok telah dikaitkan dengan banyak penyakit termasuk kanker dan penyakit jantung.

Tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa merokok memecah kolagen, protein yang membuat kulit Anda awet muda dan sehat.

Kerusakan kolagen menyebabkan kulit longgar dan keriput. Berhenti merokok dan gunakan strategi ini untuk meningkatkan kadar kolagen.

5. Makan daging merah

Menurut sebuah studi Harvard yang melibatkan 46.500 peserta, daging merah meningkatkan risiko peradangan usus. Untuk setiap porsi daging merah per hari, risikonya naik menjadi 18 persen.

Yang mengejutkan, jenis daging lainnya, seperti unggas dan ikan menurunkan risiko peradangan hingga 20 persen.

Daging merah juga memiliki efek negatif lain seperti meningkatkan kadar protein C-reaktif dan asam arakidonat, mediator yang mendorong penuaan.

6. Makanan yang diproses

Roti putih, margarin, permen, minyak sayur, dan makanan olahan lainnya meningkatkan peradangan dan penuaan.

Akan lebih bijaksana mengganti makanan ini dengan yang mengandung omega 3 seperti biji rami, alpukat, dan minyak zaitun.

Sumber :JPNN

No comments

Powered by Blogger.