CWB : Gempa Bumi yang Lebih Kuat di Taiwan Tahun ini Dari Biasanya

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Taiwan telah dilanda 13 gempa berkekuatan 5,0 atau lebih sejauh tahun ini, dibandingkan dengan rata-rata tahunan 24-25, Biro Cuaca Pusat (CWB) mengatakan pada Jumat, setelah gempa berkekuatan 6.1 mengguncang Taiwan timur hari sebelumnya.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Walaupun angka ini secara signifikan lebih tinggi daripada periode yang sama di tahun-tahun lain, CWB mengatakan itu berada dalam kisaran yang masuk akal dan tidak selalu mengindikasikan frekuensi gempa yang lebih tinggi tahun ini.

Rata-rata, Taiwan memiliki 2-3 gempa berkekuatan 6.0-7.0 dan 22 berkekuatan 5.0-6.0 setiap tahun, menurut Wu Chien-fu (吳健富), wakil kepala Pusat Seismologi biro.

"Kami tidak memiliki cukup data untuk membuat panggilan bahwa situasi ini tidak normal," kata Wu. "Mungkin ada bulan tanpa gempa bumi yang kuat akhir tahun ini."

Dia juga tidak mau mengatakan jika jumlah gempa yang relatif kuat lebih besar dihasilkan dari penumpukan energi yang lebih besar yang belum dilepaskan, lagi-lagi menunjuk pada ukuran sampel yang kecil.

Wu memang mencatat bahwa 70 persen gempa Taiwan berpusat di timur laut Taiwan, tetapi lokasi gempa Kamis, yang terkuat sepanjang tahun ini, relatif jarang terjadi.

Dia mengatakan episentrumnya berada di daerah dengan formasi geologi batuan keras di mana akumulasi energinya sulit.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore


"Wilayah itu hanya mencatat enam gempa bumi berkekuatan 5,0 atau lebih tinggi sejak biro mulai mencatat pada tahun 1973, termasuk yang pada hari Kamis," kata Wu.

Wu mengatakan gempa susulan dengan tingkat yang sama kemungkinan akan terjadi pada minggu depan.

Sumber:focustaiwan

No comments

Powered by Blogger.