Gempa 6,1 Magnitudo Guncang Wilayah India yang Jadi Sengketa China

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo melanda negara bagian timur laut India, Arunachal Pradesh, pada Rabu (24/4/2019) dini hari. Laporan kantor berita AFP menyebutkan, episentrum gempa berada di sekitar 40 km tenggara Along, dan 180 km barat daya ibu kota negara bagian, Itanagar. Gempat tercatat mengguncang wilayah itu pada pukul 01.45 waktu setempat.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Badan Survei Geologi AS atau USGS memperkirakan ada kemungkinan rendah terkait korban dan kerusakan akibat gempa. Sebagai informasi, Arunachal Pradesh merupakan negara bagian di India dengan jumlah penduduk paling sedikit. 

Situs web pemerintah negara bagian menyatakan, populasinya sekitar lebih dari 1,2 juta. Kantor berita resmi pemerintah China, Xinhua, melaporkan gempa juga terasa hingga ke Tibet, yang bertetangga dengan negara bagian India tersebut. Arunachal Pradesh selama beberapa dekade telah menjadi perdebatan antara India dan China terkait siapa yang mengontrol wilayah itu, sebuah sengketa yang masih belum terselesaikan hingga kini.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

India menganggap Arunachal Pradesh sebagai salah satu negara bagian timur lautnya, sementara China mengklaim sekitar 90.000 kilometer persegi dari wilayah itu. Arunachal Pradesh juga berbatasan dengan Myanmar dan Bhutan.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.