Mau Pergi ke Bulan, Orang Terkaya Ini Malah Kehilangan Rp 9,8 Triliun



    Orang terkaya Jepang Yusaku Maezawa, harus mengikhlaskan kerugian finansial sebelum bisa pergi ke bulan. Kerugian ini juga mengalahkan capaian penjualan tahun baru perusahaannya.



Dilaporkan Forbes, Maezawa yang merupakan pemilik ritel pakaian Zozo telah kehilangan harta hingga USD 700 juta atau Rp 9,8 triliun (USD 1 = Rp 14.123). Ini diakibatkan jatuhnya saham Zozo sebesar 26 persen dalam setahun terakhir sehingga menghapus kekayaan Maezawa.



Posisi Maezawa pun ikut turun empat peringkat di daftar orang terkaya Jepang dari nomor 18 ke nomor 22. Total hartanya kini adalah USD 2 miliar (Rp 28,2 triliun).

Kerugian yang ditanggung sang miliarder hampir menyamai keuntungan terakhir yang dilaporkan Zozo, yakni sebesar 98 miliar yen atau setara Rp 12,3 triliun (1 yen = Rp 126).

Maezawa menjadi terkenal karena terpilih menjadi miliarder yang akan mengunjungi bulan dengan menunggangi roket SpaceX milik Elon Musk. Belum ada tanggal pasti keberangkatan, tetapi Maezawa berjanji akan membawa sejumlah seniman bersamanya.

Di awal tahun ini, Maezawa sempat menyebarkan uang 100 juta yen (Rp 12,6 miliar) di Twitter sebagai tanda syukur karena penjualan tahun baru Zozo mencapai 10 miliar yen (Rp 14,1 triliun). Lebih dari dua juta orang mengikuti undian yang ia langsungkan di Twitter.

Sebelum jadi orang terkaya , Maezawa pernah bekerja sebagai penjual CD musik. Maezawa yang seorang lulusan SMA mendirikan Zozo pada tahun 1998 lalu.


Sumber : merdeka

No comments

Powered by Blogger.