Sering Sakit Kepala? Redakan dengan 5 Buah 'Sakti' Ini



      Siapa yang bisa tahan jika sakit kepala sudah menyerang? Terlebih jika sakitnya datang saat kamu beraktivitas, untuk fokus saja mungkin sulit. Dipaksa untuk berdiri, takutnya malah jatuh nantinya.



Biasanya sakit kepala disertai dengan mual. Jika sudah seperti ini, ujung-ujungnya kamu akan minum obat untuk meredakannya. 



Dikutip dari beberapa sumber, memanfaatkan khasiat dari buah-buahan yang ada di sekitarmu dapat membantu agar tidak tergantung pada ragam jenis obat di saat kepala sakit. Zat yang terkandung dalam buah-buahan ini tentu saja alami dibandingkan dalam obat-obatan. Apa saja?

1. Semangka 

Tidak heran jika salah satu penyebab datangnya sakit kepala karena kamu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Buah semangka seperti yang kita tahu pada umumnya, memiliki kandungan air yang banyak dan tentu saja bisa mengatasi dehidrasi yang menjadi alasan sakit kepala datang menyerangmu.

2. Pisang

Buah yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitarmu ini ternyata juga bisa membantumu melawan rasa sakit kepala lho detikers. Pisang mengandung kalium yang berguna untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

Seperti kita ketahui kadar gula dalam tubuh yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi dengan mengkonsumsi pisang secukupnya, bisa membantu mengurangi sakit yang kamu rasakan. Selain mengkomsumsinya langsung, menempelkan kulit pisang di bagian dahi juga bisa meredakan rasa sakit kepala lho. Hal ini disebabkan oleh sensasi dingin kulit pisang yang membantu mengurangi rasa sakit karena peradangan yang terjadi di kepala.

3. Ceri 

Buah berwarna merah dengan rasa manis yang khas ini mengandung senyawa melatonin. Senyawa yang juga disebut sebagai hormon tidur ini berperan sebagai antioksidan dan akan menghalangi masuknya enzim inflamasi yang menjadi pemicu sakit di area kepala. Konsumsilah sekitar kurang lebih 20 buah ceri atau sajikan dalam bentuk jus agar membantumu meringankan rasa sakit kepala.

4. Alpukat

Siapa yang menolak kelezatan dari jus alpukat? Ternyata di balik kelezatannya ini, alpukat berkhasiat untuk meringankan rasa sakit kepala lho. Alpukat mengandung jenis lemak baik atau asam lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi, salah satu penyebab datangnya sakit kepala.

5. Melon

Sama halnya dengan buah semangka, buah melon juga mengandung kadar air yang tinggi lho, sehingga sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi bisa diatasi. Selain itu, melon juga memiliki kadar kalium yang tinggi sehingga bisa menstabilkan kadar gula di dalam tubuh kita.

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.