Ternyata Kecemasan pun Bermanfaat bagi Kesehatan



   Tahukah Anda bahwa kecemasan atau yang kerap disebut anxiety, ternyata memiliki manfaat kesehatan?



Seorang psikolog bernama Alicia Clark menjelaskan bagaimana seseorang dapat menggunakan rasa kekhawatirannya untuk mengubah situasi menjadi lebih baik. Clark menuliskan beberapa manfaat tersebut lewat buku yang ditulisnya, Hack Your Anxiety.



Melansir laman Reader's Digest, berikut 3 manfaat dari kecemasan atau anxiety:

1. Memotivasi

Rasa cemas, apabila dibiarkan, dapat membuat seseorang lelah dengan kehidupan yang dijalaninya. Namun jika seseorang mau mendengarkan rasa cemas yang dirasakan, hal ini dapat menginspirasinya untuk melakukan hal baru.

Menemukan fokus

2. Membantu Menemukan Fokus

Clark mendefinisikan kecemasan seperti mengemudi saat badai. Ketika seseorang mengemudi kendaraannya di tengah badai, perhatiannya tidak hanya pada jalanan saja, tetapi juga sekitarnya.

Sama seperti kehidupan yang mengharuskan manusia untuk fokus pada berbagai tanggung jawab. Di sinilah bagaimana fokus bekerja untuk menjalani tanggung jawab yang diwajibkan. Sedikit kecemasan dapat memberikan pengetahuan tentang apa saja yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Lebih dekat dengan orang tersayang 

3. Membuat Lebih Dekat dengan Orang yang Disayangi

"Kecemasan tidak akan memungkinkan kita untuk mengabaikan orang-orang yang kita sayangi," jelas Clark, "dan itu yang membuat kita menyesuaikan kebutuhan masing-masing." tambahnya.

Ketika hubungan terasa berbeda, kecemasan yang dirasakan dapat mendorong untuk mencari tahu bagaimana menjadi lebih dekat dengan pasangan, seperti sedia kala. Cari tahu solusi yang bisa menjadi jalan keluar bagi kegelisahan yang dirasakan. 

Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.