Topan Kenneth Hantam Mozambik, Bawa Angin Ribut 225 Km per Jam

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Topan terkuat yang pernah melanda Mozambik dilaporkan menghantam wilayah utara negara itu, lima pekan setelah Badai Idai menghancurkan banyak sektor, kata para ahli meteorologi.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Melampaui kekuatan Badai Idai dan topan besar pada tahun 2000, Badai Siklon Kenneth menyapu provinsi Cabo Delgado dengan kecepatan angin 140 mil per jam (setara 225 kilometer per jam), yang membawa ancaman curah hujan ekstrem.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (26/4/2019), kantor berita AFP mengabarkan bahwa beberapa rumah roboh, dan listrik terputus di ibu kota provinsi Pemba.

Ahli cuaca di Meteo-France memperingatkan bahwa Topan Kenneth dapat memicu gelombang setinggi lima meter di pesisir Mozambik.

Nabela Moreira, yang memiliki pondok di pantai Wimby di kota pelabuhan dan ibu kota provinsi Pemba, mengatakan kepada AFP: "Saya belum pernah melihat yang seperti ini dalam 15 tahun saya tinggal di sini."

Setelah terbentuk di lepas pantai Madagaskar awal pekan ini, Topan Kenneth pergi ke utara negara pulau Komoro pada Rabu malam, menewaskan tiga orang dan menyebabkan kerusakan luas pada rumah dan infrastruktur.

Badai diperkirakan akan berhenti di daratan selama beberapa hari. Sekitar satu meter hujan diperkirakan terjadi di daerah utara kota Pemba, lebih dari rata-rata biasanya selama satu tahun penuh di wilayah tersebut.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Lembaga Penanggulangan Bencana Nasional setempat mengatakan akan merelokasi peralatan penyelamat, termasuk kapal dan helikopter dari Kota Beira, yang hancur oleh hantaman badai Idai.

Selain itu, beberapa pihak juga telah memperingatkan bahwa Tanzania selatan bisa terkena dampak, tetapi jalur badai tampaknya cenderung ke selatan.


Sumber:liputan6

No comments

Powered by Blogger.