Diduga Berasal dari Cianjur, Alamat TKW Misterius Ini Belum Ditemukan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Di mana rumah dan keluarga Aminah (50)? Tenaga Kerja Wanita misterius yang ditemukan terlantar di Arab Saudi yang kini dirawat di Al Ihsan Baleendah setelah sebelumnya di rawat di RS Al Shagar Hospital.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
Hingga kemarin, disnakertrans dan aparatur Desa Sindangsari, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, kebingungan. Keluarga dan alamat rumahnya tak kunjung ditemukan.

Kabar yang beredar Aminah merupakan warga Kampung Joglo, Desa Sindangsari, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Namun keberadaan Aminah tidak terdata.

Kemarin, Kepala Desa Sindangsari, Sujana masih kebingungan menemukan rumah dan keluarga TKW itu. Dia mengatakan, setelah mengetahui adanya informasi tersebut, aparatur Desa langsung menelusuri tempat tinggal yang dimaksud.

“Data di desa tidak ada yang namanya Aminah. Kendati demikian, hingga hari ini (kemarin, red), terus disebarluaskan kepada warga karena memang sudah viral di beberapa media, tapi warga tidak ada yang kenal, Walaupun sudah memperlihatkan foto TKW tersebut,” ujarnya.

Ia menuturkan, sampai saat ini masih belum ada perkembangan terbaru terkait Aminah. “Namun kami jajaran Pemerintahan Desa akan terus berusaha menelusi ke lapangan, bahkan kemarin penelusuran sudah dilakukan bukan hanya ke satu tempat saja, namun ke beberapa kampung juga ke seluruh desa yang ada di Kecamatan Ciranjang,” katanya.

Senada, Camat Ciranjang, Wahyu menambahkan, jajarannya ikut turun tangan menggali informasi yang beredar. “Kita sudah melacak ke berbagai desa, bahkan Desa Sindang Jaya Kampung Joglo pun tidak mengenal yang bersangkutan,” ujarnya.

Demi menemui titik terang, kata dia, pihaknya terus menyambangi sembilan desa yang ada di Kecamatan Ciranjang. Hasil dari pengakuan berbagai kades dan juga Rt setempat, tidak ada yang mengenali tkw tersebut.

Hingga saat ini, pihaknya pun menunggu informasi terbaru agar permasalahan ini cepat selesai. Semua temuan yang didapat di lapangan, sudah dilaporkan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur.

“Sudah dilaporkan ke Disnakertrans atas temuan ini, ya kita tetap terus berupaya agar segera selesai dan yang bersangkutan bisa menemui keluarganya,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dikatakan Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Cianjur, Heri Suparjo, bahwa Disnakertrans Provinsi Jawa Barat datang langsung ke Disnakertrans Kabupaten Cianjur untuk mencari informasi mengenai TKW yang diduga bernama Aminah.

“Sementara baru perkiraan orang Ciranjang, belum tentu orang sana juga, tapi tetap kita upayakan untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin,” paparnya.

Menurut Heri, kasus ini baru terjadi di Kabupaten Cianjur TKW yang tak ada identitas. Sementara sebelum-sebelumnya bisa pulang tapi dengan identitas yang lengkap.

“Ini baru pertama kali terjadi, kalau sebelum-sebelumnya identitasnya lengkap tidak seperti sekarang yang tidak ada identitasnya dan informasi minim,” jelasnya.

Prosedur untuk pemberangkatan TKW diwalai dari persusahaannya mengajukan melalui petugas rekrut, kemudian perusahaan mengajukan rekomendasi ke disnakertrans. Setelah itu baru dilakukan pengecekan surat-surat perekrutannya.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Pengembangan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Cianjur, Ricky Ardhi Hikmat membenarkan, adanya TKW misterius yang hingga saat ini belum diketahui tempat tinggalnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

“Aminah juga kan? belum dapat berbicara, mungkin karena sedikit ada perkataan bahasa Sunda itu beranggapan begitu. Itu kan masih asumsi belum benar,” paparnya.

Bahkan dirinya juga (Aminah) menuliskan alamat tinggalnya di selembaran kertas, dengan tulisan, Kecamatan Ciranjang, Desa Sindangjaya, Kampung Joglo dan memiliki anak masih berumur sekitar 10 tahun bersekolah kelas 5 SD, bernama Ridwan.

“Tapi, setelah ditelusuri ditanyakan ke pihak Desa itu Kampung Joglo adanya di Desa Sindangsari, bukankah Desa Sindangjaya,” jelas Ricky.


Sumber:radarbogor

No comments

Powered by Blogger.