Doa Puasa Ramadan Penghapus 400 Ribu Dosa Ajaran Rasulullah



    Puasa Ramadan tahun ini sudah memasuki hari kesembilan, masih banyak amalan dan doa Ramadan yang bisa Anda panjatkan. Bagi masyarakat Garut, Jawa Barat yang mayoritas muslim, ada satu doa khusus yang sering dipanjatkan selama bulan suci Ramadan, terutama saat malam Lailatul Qodar.



Puasa Ramadan adalah momen yang ditunggu tunggu umat muslim di dunia, tentu kehadirannya membawa kabar gembira bagi pemeluknya. Oleh karena itu, pada bulan suci ini umat muslim berlomba lomba mengerjakan kebaikan untuk meraih pahala sabanyak banyaknya, tidak hanya itu, kesempatan Ramadan juga untuk memohon ampunan sebanyak banyaknya kepada Sang Khaliq.



Berikut ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah kepada Aisyah istri tercintanya untuk diamalkan selama bulan suci Ramadan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ampunan dan terbebas dari masalah.”

Siti Aisyah pun mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah tersebut, kemudian menyampaikan kepada khalayak. Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا؟ قَالَ: قُولِي: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي “

Artinya: “Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu? Beliau menjawab: Ucapkanlah: ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN.”

(HR. Ahmad 25384, At-Turmudzi 3513, Ibn Majah 3850)

Bahkan ada yang mengatakan doa tersebut akan mengapus 400.000 dosa orang yang membacanya di momen puasa Ramadan, namun pernyataan ini belum ditemukan dalil yang jelas baik dalam hadis maupun Qoul ulama.


Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.