Identik Saat Bulan Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Yang Tidak Banyak Orang Tahu



      Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Kalian pasti melihat buah kurma dijual di mana-mana. Tak hanya buah utuh, namun juga makanan dan minuman olahan dari kurma juga bakal banyak beredar, lho.



Umumnya, umat muslim mengonsumsi kurma hanya sebagai "tradisi" saat bulan Ramadhan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa kurma memiliki manfaat. Padahal, manfaatnya untuk kesehatan sangat besar, lho.



Nah, berikut 8 manfaat kurma untuk kesehatan yang akan kalian dapatkan. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

1. Kurma Untuk Kesehatan Pencernaan Karena Kandungan Serat Yang Banyak

Manfaat kurma yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kurma memiliki kandungan serat yang cukup banyak di dalamnya dan dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL yang terjadi pada usus. Kandungan serat akan membantu melindungi selaput lendir pada usus dengan mengurangi paparan dan dalam mengikat bahan kimia yang menyebabkan terjadinya kanker usus besar.

Tak hanya itu, serat di dalam kurma juga membantu kalian buang air besar secara teratur. Serat tidak larut dan larut yang ditemukan pada kurma membantu membersihkan sistem pencernaan, memungkinkan usus besar bekerja pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi. Kurma bakal cocok buat kalian yang mengalami sembelit.

2. Kurma Untuk Mengontrol Tekanan Dan Gula Darah

Apa diantara kalian yang mengalami masalah dengan tekanan serta gula darah? Jika iya, kurma mungkin bisa jadi solusi yang tepat untuk kalian. Kurma kaya akan potasium dan mineral lainnya yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, magnesium dapat melemaskan otot di jantung dan pembuluh darah, membuat tekanan darah pun lebih terkontrol.

Nah, serat di dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah terlalu tinggi. Hal ini menjadikan kurma sangat baik untuk penderita diabetes.

3. Kurma Akan Perkuat Tulang

Kurma juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang, seperti fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Selain untuk tulang, kandungan tersebut dibutuhkan untuk kontraksi otot, membentuk pembekuan darah normal dan menunjang fungsi sarat. Kurma akan membantu mencegah kondisi terkait tulang, seperti osteoporosis.

4. Meningkatkan Energi Saat Puasa Dengan Kurma

Kurma merupakan buah yang memiliki kandungan gula alami. Sebut saja glukosa, fruktosa dan sukrosa. Nah, hal ini membuat kurma dapat meningkatkan energi dengan cepat. Maka dari itu, kurma sangat baik kalian konsumsi saat sahur agar tetap berenergi selama puasa. Saat bebuka pun, kurma dapat mengembalikan energi setelah seharian menahan lapar dan haus.

5. Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk menjaga kulit tetap sehat, terasa kenyal dan juga lembut. Hal ini sebab kurma mengandung vitamin C dan D. Kurma juga memiliki khasiat anti-aging, lho. Kalian pun akan terhindar dari berbagai masalah kulit.

6. Jaga Kesehatan Jantung Dengan Kurma

Sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa, jika kalian rajin mengonsumsi kurma dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, kurma akan merangsang pengangkatan kolesterol dari sel-sel arteri. Kandungan tersebut akan mencegah arteri jadi keras dan tersumbat dengan plak.

7. Kurma Dapat Membuat Kenyang Lebih Lama

Jika kalian ingin kenyang lebih lama saat bulan puasa, kurma bisa jadi pilihan yang tepat. Kandungan gula alami dan serat akan membuat kalian tidak cepat lapar. Nah, kalian dapat mengonsumsi kurma langsung atau mengolah kurma menjadi jus agar lebih bervariasi.

8. Mempercepat Proses Kelahiran Untuk Ibu Hamil

Apa kalian tahu bahwa kurma dapat mempercepat proses kelahiran anak? Efek oksitoksin (kontraksi rahim) dapat meningkatkan sensitivitas rahim. Prostaglandin yang dibutuhkan dalam persalinan dihasilkan dari asam lemak jenuh dan tak jenuh yang terdapat di dalam kurma. Serotin, kalsium dan tanin berguna dalam membantu kontraksi otot-otot rahim. Nah, maka dari itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi kurma.

Sumber :wowkeren

No comments

Powered by Blogger.