Jelang Lebaran, Kiriman Uang TKI Sukabumi Melonjak



     Layanan Western Union (WU) Kantor Pos Sukabumi mencatat, jumlah kiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Sukabumi mulai mengalami peningkatan yang signifikan. Adapun peningkatan tersebut lantaran untuk memenuhi kebutuhan lebaran para keluarga TKI yang ada di tanah air.



“Pengiriman uang dari TKI lebih besar dibandingkan sebelumnya dan kenaikan pengiriman uang dari luar negeri sudah terjadi sebelum bulan puasa,” ujar Kepala Kantor Pos Sukabumi Tarman kepada wartawan Jumat (24/5).



Diprediksi pengiriman uang akan terus terjadi hingga menjelang lebaran nanti. Diterangkan Tarman, dari awal tahun sampai 22 Mei 2019 ini ada peningkatan jumlah pengiriman uang sekitar lima persen dibandingkan sebelumnya. Dalam rentang waktu tersebut Kantor Pos Sukabumi telah membayarkan uang kiriman TKI ke keluarga mencapai Rp 262 miliar.

Bila dirata-ratakan ungkap Tarman, setiap bulannya jumlah kiriman uang TKI mencapai Rp 40 miliar hingga Rp 50 miliar. Jumlah ini akan makin bertambah banyak mendekati lebaran. Para TKI asal Sukabumi ini tercatat bekerja di negara timur tengah seperti Arab Saudi dan sebagian Asia Tenggara yakni Malaysia dan Hongkong.

Tarman menuturkan, pada 2018 jumlah kiriman uang TKI asal Kota/Kabupaten Sukabumi selama satu tahun mencapai Rp 692 miliar. Pada 2017 pun jumlah besaran kiriman uang TKI pun hampir sama. “Sebenarnya jumlah TKI selalu bertambah, tetapi semakin kesini dari 2017 hingga 2019 mitra layanan pembayaran kiriman luar negeri semakin bertambah,” terangnya.

Lebih lanjut Tarman menuturkan, diperkirakan pada H-10 pengiriman uang TKI mulai akan mengalami pertumbuhan cukup signifikan sebesar 10-15 persen. Fenomena ini diantisipasi Kantor Pos Sukabumi dengan penyediaan uang yang mencukupi bukan hanya di Kantor Sukabumi tetapi di cabang Sukabumi Kota dan Kabupaten. “Kami kirim setiap hari uang ke kantor cabang supaya dalam pembayaran tidak terganggu,” tambahnya imbuh Tarrman.

Sementara itu, salah seorang warga Aliyah (55) asal Kampung Ciaul Gang Pangkalan, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi mengatakan, menjelang lebaran ini ia mendapatkan kiriman uang lebih besar dari anaknya yang bekerja di Singapura.

“Saya ke Kantor Pos mengambil kiriman uang dari anak yang bekerja di Singapura,”aku Ai.

“Alhamdulillah mendapatkan kiriman uang sebesar Rp 4,5 juta. Biasanya hanya kurang dari segitu,” pungkas dia.


Sumber : radarsukabumi

No comments

Powered by Blogger.