Jual Turban Harga Rp 11 Juta, Gucci Diprotes Komunitas Sikh



   Setelah Dolce & Gabbana menuai kontroversi karena rilis tas dengan tulisan bernada body shamming, kini giliran brand high end lainnya yang kena protes. Gucci dituding telah melakukan perampasan budaya dan kini menuai protes dari sejumlah kalangan.



Baru-baru ini brand asal Italia itu meluncurkan turban dengan harga USD 800 atau sekitar Rp 11,5 juta. Dijual di situs Nordstrom, aksesori kepala tersebut dideskripsikan dengan kalimat, "Turban cantik yang akan membuat orang berpaling selagi membuatmu nyaman sekaligus sebagai gaya khas."



Tak butuh waktu lama, Gucci langsung mendapat kritik. Komunitas Sikh mengritik aksesori fashion tersebut, menuding kalau brand fashion terfavorit kalangan millennial itu telah meremehkan keyakinan mereka.

Dalam pernyataan tertulis seperti dilansir Insider, Koalisi Sikh mengungkapkan kalau Nordstrom, sebagai retailer yang memasarkan turban telah menyatakan permintaan maaf. Pihaknya juga tidak akan menjual turban tersebut.

Sementara itu, komunitas Sikh masih menunggu itikad baik dari Gucci. Namun pihak Kering, perusahaan yang menaungi Gucci, belum memberikan pernyataan apapun.

Sebelumnya turban Gucci sudah menuai kritik saat pertama kali ditampilkan di Milan Fashion Week pada Februari 2019 silam. Banyak yang menyatakan kecewa karena Gucci telah menggunakan simbol keagamaan kaum Sikh untuk mencari untung.

Dilaporkan Al Jazeera, sebagian orang yang protes di media sosial mempertanyakan alasan brand asal Italia itu memilih model kulit putih untuk membawakan turban di atas catwalk. 

"Turban Sikh bukan sekadar aksesori fashion, tapi juga simbol kepercayaan yang suci dari sebuah agama. Kami berharap ada yang bisa lebih banyak dilakukan untuk mengenali kontes kritis ini," tulis Koalisi Sikh di Twitter.

Sikhism merupakan agama dengan populasi terbesar kelima di dunia. Sementara orang-orang yang menganut Sikhism disebut Sikh. Saat ini adalah lebih sari 25 juta Sikh di seluruh dunia, dan sekitar 500 ribu populasinya di Amerika Serikat.

Identitas Sikh terdiri dari lima artikel kepercayaan. Salah satunya yang paling jelas dikenali adalah pemakaian turban. Bisa oleh pria maupun wanita. Turban merupakan simbol pelayanan, kasih sayang dan kejujuran.

Sumber :JPNN

No comments

Powered by Blogger.