Polisi Tangkap Penyebar Hoaks 'Brimob Sipit dari China' di Majalengka



     Polisi mengamankan pria asal Majalengka, berinisial YHA terkait penyebaran berita hoaks tentang anggota Brimob yang disebut ‘sipit dan mirip dengan tentara China’.



YHA diamankan oleh Ditreskrimum Polda Jabar pada Sabtu 25 Mei 2019 di Kabupaten Majalengka. Dia menyebarkan berita hoaks berbau SARA itu di grup pesan aplikasi Whatsapp (WA).



"Pelaku menyebarkan foto tersebut dengan keterangan 'perhatikan warna kulit dan mata sipit anggota Brimob ini sangat mencurigakan, jangan-jangan tentara Cina menyamar', kemudian disebarkan di grup Whatsapp," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat ungkap kasus di Mapolda Jabar, Senin (27/5/2019).

Dari hasil penyidikan terhadap pelaku, tersangka mendapatkan informasi dari grup WA yang diikutinya. Ia lalu menyebarkan kembali foto tersebut setelah ditambahkan keterangan ke grup WA bernama Rumah Smart Indonesia.

"Tadinya saya mau menanyakan kebenaran foto itu ke grup Rumah Smart Indonesia," ujar yang bersangkutan.

Ia mengaku menyesal dan meminta maaf karena telah membuat gaduh akibat hoaks yang disebarkannya. "Ya saya mengaku salah atas postingan itu, dan saya meminta maaf," ujarnya.

Akibat perbuatannya itu, polisi menjerat pelaku dengan Pasal 14 Ayat (1), (2) juncto Pasal 15 UU RI No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 207 KUHP. Dia pun terancam kurungan penjara selama 10 tahun.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.