Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Nunukan, Didominasi TKI


https://line.me/R/ti/p/%40holidaycellular

     Personel gabungan sudah meningkatkan pengamanan puncak arus mudik di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara saat musim mudik Lebaran 1440 Hijriah pada H-5 atau Jumat, 31 Mei 2019.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaycellular


Pelabuhan ini merupakan wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia. Sebagian besar penumpang yang berada di tapal batas Indonesia dan Malaysia ini adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negeri Sabah.

Dari pantauan, ribuan penumpang kapal Pelni KM Siguntang, baik yang naik maupun turun dan penumpang lanjutan memadati pelabuhan internasional ini. Selain itu, banyak penumpang KM Cattleya dan KM Lambelu. Meski terbilang lebih ramai dari musim Lebaran sebelumnya, tapi kondisi masih aman dan lancar.

KM Siguntang ini bertolak dari Nunukan menuju Balikpapan, Pare-pare, Makassar sampai Nusa Tenggara Timur (NTT). Guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang telah terjadi sejak hari ini, sistem kedatangan dan keluar pelabuhan bagi penumpang diuraikan agar tidak terjadi penumpukan.

"Kita uraikan agar penumpukan penumpang tidak menghambat keberangkatan kapal," ujar Kapolsek KSKP Pelabuhan, Tunon Taka.

Dari pengawasan dan pengamanan, ada tiga pintu masuk pelabuhan yang digunakan dan dilengkapi dengan pos pelayanan gabungan bagi penumpang. Selain pengamanan penumpang yang melaksanakan mudik, petugas gabungan juga mengamankan wilayah perbatasan yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Petugas mengerahkan anjing pelacak untuk mencegah penyelundupan narkoba dan senjata api dan juga aksi kejahatan. "Kita antisipasi, agar tidak ada yang memanfaatkan momen arus mudik," katanya.


Sumber :viva

No comments

Powered by Blogger.