Tips Merawat Area T-Zone bagi Pemilik Kulit Kombinasi


Seseorang yang memiliki kulit kombinasi biasanya ditunjukkan dengan kondisi t-zone yang lebih berminyak dibandingkan dengan area wajah yang lain. Minyak berlebih yang muncul di area t-zone seringkali mengganggu penampilan dan membuat orang merasa tidak percaya diri karena wajah menjadi terlihat mengkilap dan makeup menjadi mudah luntur. Tak hanya itu, area t-zone di wajah seseorang yang memiliki kulit kombinasi akan lebih sering mengalami masalah seperti komedo, jerawat dan kulit yang tampak kusam. Untuk merawat dan meminimalkan masalah kulit yang bisa muncul, berikut beberapa tips merawat area t-zone bagi kamu pemilik kulit kombinasi!

Gunakan cleanser yang tepat

Hormon sebaceous yang lebih aktif di area t-zone pada tipe wajah kombinasi membuat area ini mengeluarkan lebih banyak minyak dibandingkan area lainnya. Karenanya, memerlukan produk pembersih wajah yang tepat untuk mengurangi kadar minyak di area t-zone dan mencegah munculnya berbagai masalah kulit. Sahabat Fimela bisa memilih sabun pembersih wajah yang memiliki tekstur gel atau facial foam dengan scrub yang lembut, khusus untuk area t-zone. Bila kulit di area wajah selain t-zone kondisinya sangat kering, kamu perlu menggunakan dua jenis cleanser yang berbeda untuk mencegah area tersebut semakin kering.

Aplikasikan toner setelah membersihkan wajah

Apapun jenis kulitnya, penggunaan toner wajib dilakukan dalam ritual perawatan wajah sehari-hari, termasuk bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi atau kondisi kulit yang berminyak di area t-zone. Selain dapat memperbaiki tekstur kulit, pemakaian toner di area t-zone dapat membantu mengurangi produksi minyak di area tersebut. Tak hanya itu, penggunaan toner juga dapat membantu membuat wajah di area t-zone menjadi bersih secara maksimal hingga ke dalam pori-pori dan mencegah tumpukan minyak serta kotoran yang dapat menyebabkan jerawat atau komedo. kamu bisa memilih toner yang memang dikhususkan untuk pemilik kulit berminyak untuk diaplikasikan di area t-zone, misalnya saja toner yang dilengkapi dengan kandungan salicylic acid untuk mencegah jerawat dan sebaiknya hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol maupun parfum.

Lakukan eksfoliasi secara rutin atau gunakan pore strip

Untuk memaksimalkan kebersihan di area t-zone yang sangat berminyak pada wajahmu yang memiliki tipe kulit kombinasi, lakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu. Area t-zone yang sangat berminyak memungkinkan tersumbatnya pori-pori karena minyak berlebih dan kotoran yang dapat memicu timbulnya jerawat atau komedo. Karenanya, proses eksfoliasi dapat membantu membersihkan pori-pori dari minyak, kotoran serta sel kulit mati yang masih menempel di wajah. Selain itu, kamu juga bisa mengkamulkan pore stripyang dapat membantu mengangkat komedo di area hidung. Namun, setelah menggunakan pore strip, pastikan mengaplikasikan toner untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal dan juga untuk menghindari pori-pori yang semakin membesar.

Gunakan masker untuk kulit berminyak di bagian t-zone

Berbeda jenis kulit, berbeda pula masker yang digunakan. Tak perlu khawatir, karena yang memiliki kulit kombinasi bisa menggunakan teknik multi masking, dengan menggunakan dua jenis masker yang berbeda. Untuk kulit di area t-zone, kamu bisa menggunakan masker dengan kandungan clay, tea tree maupun charcoalyang tak hanya akan mengurangi kadar minyak tetapi juga membantu mencegah timbulnya jerawat. Kemudian untuk di area kulit yang kering, pilih masker yang dapat memberikan kelembapan dengan kandungan hyaluronic acid atau bahan-bahan alami seperti kunyit, pisang, kopi, gandum atau pepaya. Menggunakan masker secara rutin, terutama pada area t-zone dapat membantu kulit wajah jadi lebih halus dan bebas masalah.

Blotting paper wajib selalu dibawa

Bagi pemilik kulit kombinasi yang mengalami minyak berlebih khususnya di area t-zone, maka perlu untuk selalu menyediakan blotting paper di dalam makeup pouch kemana pun kamu pergi. Kondisi di area t-zone yang terlalu berminyak seringkali membuat wajah menjadi tampak kusam dan makeup juga mudah luntur. Karenanya, saat sedang di kantor atau bepergian membutuhkan blotting paper untuk mengangkat minyak di wajah. Selain memiliki kemasan yang ramping dan tidak makan banyak tempat, blotting paper juga bisa dikamulkan untuk menghilangkan minyak di wajah secara instan.

Sumber:fimela 

No comments

Powered by Blogger.