3 Kecamatan di Karo Terdampak Abu Vulkanik Gunung Sinabung

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terdampak abu vulkanik pasca-erupsi Gunung Sinabung, Minggu (9/6/2019).
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ketiga kecamatan itu yakni Kecamatan Payung, Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Tiga Binanga.

Hal itu diungkapkap Kepala Badan Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Peranginangin.

Menurut Natanail, wilayah kecamatan yang terdampak paling parah adalah Kecamatan Payung dan Kecamatan Naman Teran. Sementara di Kecamatan Tiga Binanga, abu yang menyelimuti rumah dan lahan milik warga masih terbilang tipis.

"Sebaran abu telah mencapai jarak 20 kilometer ke arah tenggara gunung," sebutnya.

Abu vulkanik yang dimuntahkan Gunung Sinabung saat erupsi, juga telah mencapai Kota Wisata Berastagi. Pergerakan abu vulkanik diperkirakan masih akan terus meluas, khususnya ke arah tenggara gunung.

"Sebaran abu juga mulai terjadi di daerah Berastagi, meski tak terlalu tebal," ujarnya.


Natanail menyebutkan, saat ini tim BPBD bersama TNI dan Polri hingga relawan terus bergerak ke wilayah-wilayah terdampak untuk memberikan bantuan masker kepada warga.

Tim juga terus melakukan penyiraman terhadap rumah dan perkebunan warga dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran dan mobil meriam air milik Polres Karo.

"Kita minta masyarakat untuk tetap waspada, dan tidak termakan dengan informasi yang disampaikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Tetaplah mencari informasi dari sumber terpercara," tukasnya.

Gunung Sinabung saat ini berstatus Siaga atau level 3. Status itu telah diturunkan dari Waspada atau level IV sejak beberapa pekan lalu. Penurunan dilakukan lantaran aktifitas kegunungapian yang cenderung menurun.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Namun gunung berketinggian 2460 mdpl itu kembali erupsi, bahkan membentuk kolom letusan setinggi 7 ribu meter atau 9460 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 9 menit 17 detik. Terjadi awan panas ke arah tenggara sejauh 3,5 km dan selatan 3 km. Abu vulkanik hasil erupsi juga menjangkau hingga sejauh 20 kilometer dari puncak gunung.

Sumber:okezone

No comments

Powered by Blogger.