Benarkah Warna Cangkir Bisa Pengaruhi Rasa Kopi?

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Setiap orang memiliki selera tersendiri akan kopi yang diminum. Selama ini pasti yang diperhatikan adalah takaran kopi, gula, krimer dan lain sebaginya yang bisa mempengaruhi rasa kopi. Menurut penelitian, ternyata warna cangkir yang digunakan bisa memengaruhi persepsi kita terhadap rasa kopi. Mengapa demikian?

Ternyata, warna dan juga desain produk memang bisa memengaruhi persepsi seseorang. Para peneliti dari Federation University Australia pun percaya jika para pemilik kafe bisa meningkatkan penjualan kopi mereka dengan mempertimbangkan warna cangkir atau mug yang digunakan.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Penelitian mengatakan jika dua orang barista mengungkap saat kopi dikonsumsi dari mug keramik putih rasanya lebih pahit daripada cangkir bening. Penelitian lain memang mengungkapkan jika warna putih dapat meningkatkan penilaian intensitas dari rasa relatif kopi. Dikatakan bahwa ini bisa jadi karena kontras warna putih dengan warna kopi.

Apa alasan warna mug kopi pengaruhi kepahitannya?

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
 
Sementara, mug berwarna biru bisa meningkatkan semua rasa baik manis maupun pahit. Penelitian mengungkapkan bahwa ternyata warna cangkir dapat memengaruhi multiindra konsumen saat meminum kopi.

Sebenarnya rasa manis dan aroma minuman tidak dipengaruhi oleh warna cangkir. Persepsi manusia saja yang terpengaruh oleh warna dan juga bentuk desain mug atau wadah minuman yang digunakan.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.