Dari Anggrek, Petani Muda ini Petik Omzet Ratusan Juta

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kecintaan pada tanaman membuka jalan Dedek Setia Santoso menerjuni dunia usaha. Ia mendirikan DD'Orchid Nursery pada 2005 lalu. Kini, Dedek pun bisa menuai omzet ratusan juta dengan berbisnis anggrek.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dedek menekuni budidaya anggrek setelah melihat potensi pasarnya yang besar. Apalagi, harga anggrek cenderung stabil dari tahun ke tahun.

Lebih dari 10 tahun menekuni bidang ini, koleksi anggreknya sudah mencapai ribuan. Ia juga kerap melakukan penyilangan anggrek untuk mendapatkan varietas baru.

Selain itu, Dedek juga membibitkan anggrek. Rata-rata, benihnya diberikan kepada para petani plasma atau binaannya yang berada di Batu, Jombang dan Lumajang, Jawa Timur.

Dalam sehari, dia dibantu 10 orang karyawan dan 15 karyawan magang untuk memproduksi sekitar 9.000 benih anggrek per bulan. Uniknya, Dedek tak memakai cara yang lazim dipergunakan oleh para akademisi.

Laboraturium miliknya dibuat biasa dengan peralatan yang sederhana. "Saya punya cara sendiri untuk produksi seefisien mungkin," jelasnya.

Dedek menjual benih anggrek dalam kemasan botol berisi 30 bibit. Harganya, Rp 40.000 per botol untuk pembelian partai besar dan Rp 75.000 sampai Rp 100.000 per botol untuk eceran. Sedangkan, anggrek siap berbunga dibandrol mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 40 juta per tanaman.

Pelanggannya berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Bahkan, hingga luar negeri, seperti Thailand, Italia, Perancis, Belanda, Rusia, Jepang, Filipina dan lainnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Namun, saat ini, Dedek hanya melayani pembelian benih partai besar dan anggrek sing berbunga.  Untuk pembelian ritel disarankan untuk menghubungi para agen.

Laki-laki berkulit sawo matang ini juga mengajak para karyawan magang untuk ikut menjadi agen. Caranya cukup mengunggah foto-foto anggrek koleksinya melalui media sosial atau marketplace. "Dengan begitu mereka bisa mempunyai bisnis sembari magang pertanian anggrek ditempat saya," tegasnya.     

Sumber:kontan

No comments

Powered by Blogger.