Meredam Amarah dengan Cara Lebih Sehat



     Setiap orang punya cara yang berbeda dalam mengekspresikan perasaannya, termasuk ketika sedang marah. Ada yang menyimpannya dalam hati, tapi juga ada yang terang-terangan.



Nah menurut Matthew Lieberman, seorang ahli saraf dari UCLA, sebenarnya ada cara yang lebih baik dalam memanifestasikan rasa marah. Bahkan, prosesnya ini berhubungan dengan kesehatan mental ataupun fisik. Berikut penjelasannya sebagaimana dikutip dari The F Things.

Menunggu hingga keluar dengan sendirinya

Sebelum kamu melampiaskan kemarahan kamu, sebaiknya tarik nafas dalam-dalam terlebih dulu. Cobalah untuk menjernihkan pikiranmu dengan menghirup udara segar atau bersantai sejenak. Saat kamu marah, biasanya kita terburu-buru untuk melampiaskan rasa frustrasimu dan itu tidak baik. Jadi sebaiknya cobalah untuk tenangkan diri terlebih dahulu.

Menghubungi teman

Sebelum menyalahkan orang di sekitar, sebaiknya cari temanmu dan ceritakan kepada mereka terlebih dahulu. Tapi, jangan lupa memberi mereka kode kalau kamu sedang marah.

Beri waktu sejenak untuk diri sendiri

Coba kamu ambil bantal dan berteriak sekeras-kerasnya. Lepaskan semua kemarahan kamu dari dalam dan setelahnya bernafaslah dengan lega.

Menari-nari

Mainkan lagu kesukaan kamu sekencang-kencangnya. Kemudian, menarilah untuk mengeluarkan semua unek-unek kemarahanmu.

Aktivitas yang berkeringat

Cobalah untuk keluar dan lepaskan semua kekesalan kamu dengan melakukan kegiatan diluar rumah. Misalnya dengan bermain voli, berenang, bersepeda, jogging atau apapun yang cukup banyak menguras energi kamu. Dengan itu, rasa lelah akibat seluruh aktivitas tersebut bisa membuat kamu menjadi lebih tenang.


Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.