Pembangkit Listrik Tenaga Surya di China Berbentuk Gambar Panda. Lucu dan Bikin Gemes Sih



    Bukan China namanya kalau nggak jor-joran dalam hal pembangunan infrastruktur. Sebagai negara yang perekonomiannya jadi yang terbesar di dunia, pembangunan di segala bidang mutlak dilakukan. Nggak cuma melulu bangunan, jalan, jembatan ataupun bandara, China juga getol membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). China juga tengah berusaha beralih dari bahan bakar listrik batubara ke tenaga surya yang lebih ramah lingkungan.



China telah membangun komplek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Datong, Shanxi yang super unik dan desainnya indah. Jika dipotret dari atas, gabungan dari panel-panel surya di fasilitas seluas 248 hektar, desainnya menyerupai hewan panda. Wah lucu ya? Yuk kepoin bareng Hipwee Travel aja.

China membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang unik dengan desain motif panda yang lucu abis. Pola berbentuk panda ini cuma bisa dilihat dari potret udara

China membangun pembangkit listrik tenaga surya di Datong, Shanxi dengan konsep unik. Panel tenaga surya dibuat berwarna hitam dan putih dengan desain berbentuk hewan panda. Dipotret dari udara lucu banget sih. Fasilitas pembangit listrik tenaga surya ini dibangun oleh operator energi di negara tersebut, China Merchants New Energy Group (CMNEG), didukung pula oleh United Nation Development Programme (UNDP).

PLTS ini ada di beberapa lokasi di China dan wujud pemerintah China yang mengalihkan energi batubara ke energi terbarukan yang ramah lingkungan

Di tahap pertama, PLTS ini mampu menghasilkan daya hingga 50MW dan telah menyalurkan listrik ke wilayah Cina barat laut. Nantinya, kompleks pembangkit listrik ini dapat menghasilkan daya hingga 100MW. Dengan daya sebesar itu, pembangkit ini dapat menyediakan listrik ramah lingkungan hingga 3,2 miliar kilowatt per jam energi surya dalam 25 tahun, sebuah cadangan energi terbarukan yang cukup besar ya. Sebuah tekad yang baik dari China untuk mengalihkan energi batubara yang polutif ke energi terbarukan.

Kenapa desainnya bergambar panda? Yap karena program ini menyasar anak muda untuk memanfaatkan sumber-sumber energi terbarukan.

Selain untuk menyediakan listrik yang ramah lingkungan, proyek PLTS dengan desain Panda tersebut juga jadi cara  kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan  pentingnya penggunaan energi bersih di kalangan anak muda China. Karena energi ini untuk masa depan, jadi anak muda pula yang jadi aktornya. Ke depan bakalan dibangun PLTS lain dengan desain hewan-hewan yang lebih unik.

Begini tampilan panel surya dari posisi lebih bawah. Sekilas nggak terlihat pola panda ya, hehe~

Pola PLTS berbentuk panda ini nggak keliatan sih kalau dari bawah. Panda hanya terlihat dari foto-foto udara. Proyek ini dimasukkan ke dalam inisiatif “Belt and Road”, rencana ambisius Cina dalam berinvestasi dalam proyek-proyek pembangunan di di sepanjang Jalur Sutra. Bakal ada 100 PLTS yang dibangun di berbagai lokasi di China.

Semoga di Indonesia segera beralih ke energi terbarukan juga ya. Udah tau kan dampak penggunaan energi batubara seperti di film dokumenter Sexy Killers?

Sumber :hipwee

No comments

Powered by Blogger.