Tips Memilih Foundation untuk Kulit Wajahmu



Setiap orang dengan tipe kulitnya masing-masing membutuhkan foundation dengan formula yang berbeda agar bisa menghasilkan tampilan wajah yang flawless dan lebih maksimal. Karenanya, selain memilih warna atau shade yang tepat sesuai skin tone, memilih formula yang sesuai juga bisa menjadi salah satu faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli foundation. Berikut tips memilih formula foundation yang tepat sesuai tipe kulit agar hasil makeupmu lebih maksimal.

Kulit Kering

Memilih formula foundation yang tepat untuk kulit kering sangat penting untuk mencegah tampilan kulit yang patchy dan terlihat mengelupas karena menjadi semakin kering. Untuk itu sebaiknya pilih foundation yang bertekstur liquid atau cream dengan formula yang dapat menghidrasi dan mengandung bahan yang dapat membantu melembapkan kulit. Bila foundation yang dibeli belum memberikan efek secara maksimal, trik yang bisa dipraktikkan adalah dengan mencampurkan foundation dengan serum kesayangan untuk dapat memberikan tampilan dewy dan kulit yang lebih lembap.

Kulit Berminyak

Untuk mencegah kulit jadi semakin berminyak, riasan tidak tahan lama serta mudah luntur, pemilik kulit berminyak bisa memilih foundation dengan oil-free formula, tekstur yang ringan dan mampu mengontrol minyak berlebih. Tak perlu khawatir akan kesulitan menemukan produk yang tepat, kini banyak brand high-end, drugstore maupun lokal sudah banyak yang menghadirkan foundation dengan hasil akhir yang matte dan formula yang dikhususkan untuk pemilik kulit berminyak.

Kulit Berjerawat

Memiliki kulit yang rentan berjerawat dan hiperpigmentasi akibat bekas jerawat? Sahabat Fimela bisa memilih foundation yang formulanya ringan dan memiliki coverage yang cukup tinggi untuk menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, pilihlah produk foundation dengan tekstur berbentuk powder atau liquid yang menawarkan klaim non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori. Di bagian t-zone atau area yang paling sering berminyak, sebelum menggunakan foundation kamu bisa menggunakan primer terlebih dahulu untuk menyamarkan tampilan pori-pori.

Kulit Sensitif

Memilih produk kecantikan khususnya foundation untuk yang memiliki kulit yang sensitif tentu saja memiliki tantangan tersendiri. Alih-alih mendapatkan tampilan makeup yang flawless, menggunakan foundation dengan formula yang kurang tepat bisa membuat wajah menjadi bermasalah hingga mengalami iritasi. Untuk mencegah efek negatif pada kulit, sebaiknya kamu menghindari foundation yang mengandung bahan-bahan seperti alkohol, parfum, talc, paraben dan juga mineral oil. Tak kalah penting, perhatikan juga kebersihan aplikator yang kamu pakai untuk menghindari terjadinya iritasi.

Mature Skin

Beberapa tanda-tanda penuaan pada kulit seperti keriput, garis-garis halus serta warna kulit yang tidak merata membutuhkan foundation dengan formula tepat agar wajah tampak flawless. Selain memilih foundation dengan formula ringan dan memakainya dalam jumlah tepat, mature skin juga membutuhkan foundation yang memiliki kandungan skin care dengan klaim anti-aging yang mengandung pelembap untuk menjaga kondisi kulit.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.