Unik! Musisi Ini Jadikan Suara Ngorok Sebagai Lagu Pengantar Tidur



      Ngorok atau mendengkur menjadi suatu kebiasaan bagi beberapa orang. Ngorok juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius, seperti sleep apnea. Di sisi lain, suara ngorok juga bisa mengganggu orang di sekitarnya dan membuat kesulitan tidur.



Tapi ada hal unik yang dilakukan penyanyi Inggris Simon Webbe, produser musik terkenal Aubrey Whitfield dan PlayOJO yang menggunakan suara ngorok untuk menjadi sebuah lagu. Lagu itu berjudul 'Snored to Sleep', lagu yang tidak biasa digunakan untuk membuat seseorang tertidur.



"Saya tidak pernah berpikir dalam sejuta tahun salah satu dari dengkuran saya akan muncul di sebuah lagu," ungkap Simon dikutip dari Mirror.

Alasan lagu ini dibuat adalah karena penelitian dalam National Stop Snoring Week mengungkapkan bahwa lebih dari 65 persen orang Inggris mengalami gangguan tidur akibat suara ngorok. Hampir seperlima dari pasangan secara teratur berdebat mengenai suara ngorok.

Lagu berdurasi 1 menit 40 detik itu menggabungkan suara ngorok dengan melodi lambat, frekuensi dan ritme rendah, serta pengulangan irama bass yang semuanya telah dikaitkan dengan penurunan tingkat detak jantung dan napas.

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa lagu ngorok ini dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas otak, menciptakan lingkungan yang sempurna untuk tidur nyenyak, dan juga menciptakan situasi paradoks yang membuat suara ngorok tidak mengganggu tidur, melainkan bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Aubrey Whitfield, produser musik terkenal yang mengerjakan lagu ini pun mengaku baru kali ini membuat musik yang sangat unik. Ia menganggap membuat lagu ini merupakan tantangan besar.

"Untuk memastikan lagu terdengar lebih lembut di semua putaran, saya menggunakan berbagai teknik pencampuran dan menggunakan suara dengkuran frekuensi tinggi untuk mencocokkan musik mellow pembukaan, dengan dengkuran yang lebih dalam datang ketika drum mulai sedikit di kemudian," tuturnya.

Penasaran bagaimana lagu 'Snored to Sleep', kamu bisa mendengarnya di channel YouTube PlayOJO. Semua hasil dari lagu itu akan disumbangkan ke Hope2Sleep, sebuah badan amal yang berfungsi untuk memerangi masalah kesehatan terkait tidur, seperti sleep apnea.

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.