Waspadai Berbagai Penyakit Kronik Bisa Kambuh Setelah Lebaran

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Berbagai penyakit kronik cenderung mengalami kekambuhan setelah Lebaran. Hal ini tak lain karena makanan dan minuman yang disediakan saat silahturahmi, berkunjung ke rumah sanak keluarga dan kerabat yang tinggi lemak, manis dan asin serta tinggi kalori.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam mengatakan, untuk kue yang terbuat dengan kuning telur misalnya, kue seperti itu mengandung kolesterol tinggi. Begitu juga dengan hidangan yang banyak mengandung santan, mengandung lemak yang tidak baik untuk kesehatan.

"Apalagi jika makanan tersebut dimasak berulang-ulang sehingga lemak jenuhnya semakin tinggi dan ini sudah tidak baik untuk kesehatan," kata Prof Ari seperti dikutip dari blog reseminya.

Berbagai minuman kaleng yang bersoda juga disediakan selama Lebaran. Tentunya makanan-minuman ini jika dikonsumsi oleh seseorang yang sudah menderita penyakit kronik, dapat menyebabkan kekambuhan pada penyakitnya. Seperti halnya pasien dengan penyakit kencing manis akan berisiko gula darah menjadi tidak terkontrol.

"Pasien dengan penyakit darah tinggi, tekanan darahnya menjadi tidak terkontrol. Pasien dengan hiperkolesterol atau asam urat tinggi maka keadaan kolesterol dan asam urat tingginya menjadi bertambah parah," jelasnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Sementara, mereka yang mengalami obesitas dan saat berpuasa sudah mengalami penurunan berat badan, maka sehabis Lebaran berisiko tinggi mengalami kenaikan berat badan. Menurut Prof Ari, berat badan akan kembali seperti sebelum puasa.

"Cenderung berat badannya kembali seperti sebelum puasa dan jika makannya tidak terkontrol selama lebaran, bahkan berat badannya akan bertambah melonjak," tandasnya.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.